Siapa Berani Melawan Avanza si Mobil Sejuta Umat?

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id

28 Feb 2019

Low Multi Purpose Vehicle atau LMPV punya pasar bagus di Indonesia sejak lama. Puncaknya terjadi saat Avanza - Xenia diluncurkan tahun 2003. Berhasil merebut hati pasar otomotif Indonesia, penjualannya menjulang hingga jutaan unit. Yang paling utama akhirnya Toyota Avanza dikenal sebagai mobil sejuta umat. Predikat tersebut mengundang kompetitor untuk mencicipi popularitas yang sama.

Yang membesarkan istilah mobil sejuta umat adalah media massa. Didasarkan atas data penjualan Avanza yang menyentuh 1,6 juta unit dalam jangka waktu singkat. Avanza dan Xenia diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai jawaban pasca krisis moneter 1998 - 1999.

Tantangan pertama untuk merebut posisi teratas MPV terlaris, dengan menghadapi Suzuki Ertiga yang lahir di 2012. Avanza head to head dengan Ertiga yang menawarkan fitur lebih lengkap dari Avanza. Suzuki mendobrak penjualan tahun perdana (2012) dengan 34.074 unit. Dan Avanza sudah melesat ke 192.146 unit. Di tahun kedua (2013), Ertiga melesat ke penjualan 63.318 unit sedangkan Avanza di tahun yang sama sudah menguasai pasar LMPV dengan penjualan 213.458 unit.

Di tahun ketiga (2014), Ertiga berhasil menyusul penjualan Xenia dengan perolehan penjualan 47.015 unit. Saat itu Xenia mencatat penjualan 64.611 unit. Tahun selanjutnya, Ertiga menurun penjualannya dan bertahan di level 30 ribu - 40 ribu unit hingga saat ini.

Kompetitor kedua datang dari General Motors (GM) lewat merek Chevrolet. Bahkan berspekulasi menyuntikan dana 150 juta dollar AS untuk menghidupkan kembali pabrik lamanya di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, yang berkapasitas mampu memproduksi 40.000 unit per tahun. GM mengeluarkan Chevrolet Spin Activ. Kompetisi global GM dan Toyota tak berdampak dengan kekuatan Toyota di Asia Tenggara. Penjualan tahun pertama (2013) Spin memperoleh 10.941 unit, sangat pelan. Di tahun selanjutnya, malah merosot ke level 7.475 unit (2014), dan kembali turun ke 3.552 unit (2015).

Kondisi krisis global yang terjadi serta keputusan prinsipal GM di Indonesia, operasional pabrik di Indonesia yang baru berusia tiga tahun, beralih fungsi menjadi importir dan mengandalkan pasokan model dari pabrik GM di Korea Selatan. Produksi Spin praktis terhenti.

Lalu di tahun 2013 juga muncul tren mobil murah hemat bahan bakar.  Dan melahirkan Honda Brio, Nissan March, dan Mitsubishi Mirage. Kaitannya dengan persaingan MPV cukup kentara, yakni menciptakan LMPV alternatif meski menyandang LCGC. Muncul kemudian Honda Mobilio. Di tahun perdana (2014) Mobilio langsung menggeser Xenia dan Ertiga dari takhta segmen LMPV di Indonesia. Honda mampu menjual 79.288 unit Mobilio, sedangkan Ertiga 47.015 unit, dan Xenia 46.710 unit.

Datang kemudian Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S, siap berjibaku dengan Avanza. Kemenangan Avanza tetap menduduki posisi teratas dilatari oleh merek Toyota yang terpercaya, gerai pemasaran dan layanan purna jual Toyota yang luas dari Sabang sampai Merauke, serta tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi, harga sparepart yang beragam dari ori hingga kw, dan harga jualnya yang tak pernah mengecewakan, sumber daya keuangan yang relatif stabil, hingga tim pemasaran yang solid.

Gimana, masih mau pindah ke lain hati selain Avanza?

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

  • Review

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAMBI

2016
Manual

102 juta

BANJARMASIN

2015
Otomatis

161 juta

BANJARMASIN

2017
Otomatis

465 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More