Simak 9 Tips Modifikasi Mobil Pribadi Jadi Campervan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 March 2023

Simak 9 Tips Modifikasi Mobil Pribadi Jadi Campervan

momobil.id – Bagi yang suka berpetualang atau menjelajahi tampat baru, memiliki sebuah campervan tentu menjadi salah satu keinginan terbesar. Selain unik, campervan diklaim memiliki banyak fungsi dan nyaman dikendarai untuk perjalanan jauh. Harga campervan sendiri tergolong mahal, namun jangan khawatir. Sebab mobil yang saat ini beredar bisa dimodifikasi menjadi campervan. Berikut beberapa tips modifikasi mobil pribadi menjadi campervan yang aman.

1. Menentukan Tujuan dan Memilih Mobil

Sebelum melakukan modifikasi mobil menjadi campervan, tentukan tujuan terlebih dahulu. Tujuan modifikasi akan mempengaruhi spesifikasi dari campervan yang akan dibuat. Misalnya, apakah mobil akan digunakan untuk overland, camping ringan, atau perjalanan dalam jangka waktu yang lama.

Mobil yang digunakan untuk keperluan camping tentu akan berbeda spesifikasinya dengan campervan yang dibuat untuk overland. Sementara mobil yang digunakan sebagai basis modifikasi bisa menggunakan mobil apa saja.

2. Menyiapkan Budget

Sebelum melakukan modifikasi, siapkan budget terlebih dahulu. Merubah mobil pribadi menjadi campervan tentu membutuhkan biaya lebih. Besar dan kecilnya biaya ditentukan dari spesifikasi mobil dan desain campervan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit.

3. Menentukan Desain

Tips modifikasi mobil menjadi campervan lainnya adalah dengan menentukan desain yang ingin dibangun. Sudah banyak artikel dan video yang membahas mengenai contoh modifikasi mobil pribadi menjadi campervan. Pemilik mobil hanya cukup mengembangkan desain sesuai dengan kebutuhan dan basis mobil yang digunakan. Tidak hanya keren, pastikan desain campervan memiliki fungsi yang jelas dan sesuai kebutuhan.

4. Modifikasi Sendiri atau Pakai Jasa Bengkel Modifikasi

Banyak orang melakukan modifikasi mobil pribadi tanpa bantuan jasa modifikasi. Hal ini sah-sah saja jika memiliki keahlian interior dan tukang yang mumpuni. Pemilik mobil bisa meminimalisir budget dengan melakukannya sendiri, atau hanya menambahkan kasur lipat dan tenda untuk membuat campervan sederhana.

Jika pemilik mobil tidak percaya diri untuk melakukan modifikasi sendiri, memakai jasa bengkel modifikasi bisa menjadi pilihan yang tepat. Jasa modifikasi campervan cukup banyak ditawarkan, namun tentunya ada perhitungan biaya yang harus dikeluarkan agar proses mencapai hasil maksimal. Pada umumnya biaya membuat campervan membutuhkan biaya sekitar Rp20 juta hingga Rp30 juta.

Baca Juga: 8 Pilihan Mobil yang Cocok Sebagai Campervan

5. Perhatikan Modifikasi Jalur Kelistrikan

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat melakukan modifikasi mobil menjadi campervan adalah jalur kelistrikan. Pastikan alat yang disematkan aman dan jalur kelistrikan yang benar. Untuk melakukan modifikasi jalur kelistrikan, sebaiknya dilakukan oleh mekanin yang ahli atau bengkel modifikasi.

6. Perhatikan Kenyamanan

Kenyamanan dan keamanan penumpang juga harus dipertimbangkan ketika sedang merancang sebuah campervan. Desain harus dirancang agar penumpang tetap aman dan nyaman ketika dalam perjalanan. Misalnya seperti penyediaan bangku dengan sabuk pengaman, atau adanya listrik tambahan dari genset.

7. Menyediakan Perangkat Keselamatan

Salah satu tips modifikasi mobil pribadi menjadi campervan adalah dengan menyediakan perangkat keselamatan. Alat tersebut wajib dibawa untuk mengurangi risiko jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Beberapa komponen yang wajib disediakan antara lain sabuk keselamatan dan APAR (alat pemadam kebakaran).

8. Pastikan Peralatan Terikat dengan Sempurna

Saat memodifikasi campervan, pastikan alat dan perlengkapan kabin dapat diikat atau menempel secara sempurna. Hal ini dilakukan agar peralatan dalam kabin tidak lepas atau terlempar saat terjadi goncangan.

9. Hindari Menambahkan Atap Permanen

Apabila ingin menambah akomodasi ruang di bagian atas mobil, pemilik mobil tidak disarankan untuk menambahkan atap permanen. Hal ini dapat membuat dimensi mobil bertambah tinggi dan beban kendaraan semakin berat. Penggunaan roof top portable lebih disarankan agar bisa di lepas pasang dan tidak mengubah dimensi mobil.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika hendak modifikasi mobil menjadi campervan. Kamu bisa mencari mobil yang cocok dijadikan campervan di momobil.id! Ada berbagai mobil baru dan bekas yang bisa dibeli dengan promo menarik. Sekarang momobil.id hadir dengan fitur baru jual beli mobil bekas bergaransi dan bersertifikat, yaitu MomobilPro. CekĀ di siniĀ untuk info lebih lanjut ya!

mobil terkait

Rp 319.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 490.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 497.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 369.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 429.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 182.000.000

Individu

PEKANBARU


Kembali ke atas