Jangan Abaikan Perawatan Minyak Rem! Simak Empat Tip Cara Merawatnya

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

01 Aug 2019

momobil.id - Cairan rem atau yang lebih sering disebut minyak rem memiliki fungsi utama untuk menjaga kondisi rem agar selalu pakem. Karen itu, perawatan minyak rem merupakan sesuatu yang penting. Namun apakah kamu tahu bahwa sebenarnya sebutan tersebut kurang tepat, karena minyak rem teksturnya tidak seperti minyak. Bentuknya lebih mirip cairan, dan bersifat menyerap air.  Sangat berbanding terbalik dengan sifat minyak yang tidak mampu menyerap air. Karena itu, penyebutan yang lebih tepat adalah cairan rem ketimbang minyak rem. 

Sifat mudah menyerap air ini memberi pengaruh pada kondisi cairan rem itu sendiri. Ketika cairan rem sudah menyerap dan terdapat kadungan air sebanyak tiga persen, maka titik didih cairan rem akan turun lebih dari seratus derajat celcius. Jika sudah begitu, kondisi cairan rem akan menurun dan sebaiknya segera diganti untuk menghindari kecelakaan akibat rem yang tidak pakem atau blong. 

Sepanjang tahun 2017, angka kecelakaan baik mobil maupun motor akibat rem blong mencapai 7.083 kejadian. Dan pada tahun 2018, angka tersebut meningkat hingga mencapai 9.333 kejadian. Cukup menyeramkan, bukan? Mulai sekarang, mari kita lebih memperhatikan kondisi cairan rem. Berikut empat hal yang perlu diperhatikan ketika merawat cairan rem:

Ganti cairan rem secara berkala

Ganti cairan rem secara bersamaan dengan penggantian kampas rem. Hal ini berguna untuk menjaga di titik optimum kendaraan secara konsisten. Ideal pergantian kampas rem cukup beragam bagi tiap kendaraan. Sementara cairan rem perlu diganti setiap satu tahun atau 20.000 km untuk mobil atau 10.000 km untuk sepeda motor

Gunakan cairan rem standar

Ketika titik didih cairan rem terlewati atau tidak sanggup lagi menahan panas yang bersumber dari gesekan kampas rem dan cakram, rem akan gampang blong. Maka ada baiknya menggunakan cairan rem standar DOT 4 yang memiliki titik didih tinggi, yaitu mencapai 230 derajat celcius ke atas. 

Cek kondisi tiga komponen ini

Tiga komponen tersebut adalah seal master rem, nepel selang, serta kampas rem. Tiga komponen ini sangat mempengaruhi kondisi cairan rem. Jika terjadi gangguan terhadap tiga komponen tersebut, maka akan membuat cairan rem rentan bocor sehingga pengguna kendaraan harus mengganti cairan rem lebih sering dari waktu yang seharusnya. 

Cairan rem tidak sama dengan oli

Ada beberapa orang yang mengira bahwa cairan rem sama saja dengan oli. Ada juga beberapa di antaranya juga  mengganti cairan rem dengan oli. Padahal, fungsinya saja sudah berbeda. Oli tidak memiliki fitur yang sama dengan cairan rem, yaitu sebagai shield atau pelindung gesekan rem ketika sedang melakukan pengereman. Titik didih dan suhu yang dimiliki pun jauh berbeda. Jadi, tidak disarankan unutk mengganti minyak rem dengan oli. 

Baca Juga: Kepikiran beli Suzuki Jimny sampai terbawa mimpi? Simak dulu ulasannya di artikel ini

Dengan memperhatikan kondisi cairan rem, secara tidak langsung kita juga memperhatikan keselamatan kendaraan di jalan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan perawatan minyak rem agar kondisi rem selalu prima dan selamat berkendara, ya!

Penulis: Syah Rezi Tungga Dewi

Editor: Danang Setiaji

Sumber gambar: Quaker State

  • Auto Lifestyle (Display)
  • Minyak Rem Mobil
  • ganti minyak rem
  • minyak rem
  • perawatan minyak rem
  • rem blong

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

MEDAN

2016
Otomatis

458 juta

MEDAN

2016
Otomatis

458 juta

MEDAN

2017
Otomatis

481 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More