Lakukan Lima Hal Ini agar Sunroof Lebih Awet

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 21 May 2020

Lakukan Lima Hal Ini agar Sunroof Lebih Awet

momobil.id – Mobil yang memiliki sunroof setidaknya menawarkan dua benefit yakni menambah kesan mewah dan memberikan kesan lega. Agar benefit ini bisa dirasakan maksimal, pemilik kendaraan tentu harus mengetahui cara merawat sunroof agar kinerja fitur ini bisa berjalan optimal.

Bila tidak dirawat dengan baik, sunroof akan rusak dan butuh biaya besar untuk memperbaikinya. Guna mencegah hal tersebut, berikut cara merawat sunroof agar tetap awet.

Baca juga: Bisa Kerjasakan Sendiri di Rumah, Simak Cara Mudah Merawat Power Window

Rutin bersihkan sunroof

Pengguna mungkin sering mengabaikan kondisi kebersihan rel ketika membuka sunroof. Mulai dari debu, pasir hingga kerikil dapat menempel di rel sunroof. Akibatnya, rel jadi bergesekan langsung dan membuat macet jalur rel. Bila terus dibiarkan, otomatis kotoran akan menumpuk di rel sehingga mengganggu jalur pembuangan air. Akibatnya, saluran drainase pun tersumbat. Ketika air menggenang, rel lama-kelamaan akan berkarat dan akhirnya memicu kebocoran.

Lindungi rel sunroof

Bukan hanya kaca sunroof yang harus dirawat. Pemilik mobil juga harus memperhatikan kondisi rel sunroof. Rel sunroof bisa saja rusak karena teralu sering digunakan atau termakan usia. Perawatan rel sunroof sebenarnya sangat sederhana. Cukup lapisi rel dengan lapisan gemuk cair serta bersihkan kerak dan karat agar rel kembali lancar.

Keringkan air di bagian rel

Jangan pernah membiarkan rel sunroof terlalu lama basah. Hal ini bertujuan mencegah karat timbul yang bisa merusak kinerja rel sunroof itu sendiri. Selain itu, kaca sunroof juga wajib dikeringkan. Jangan sampai waterspot atau jamur kaca merusak penampilan sunroof. Air yang dibiarkan mengering dengan sendirinya juga bisa menjadi kerak yang akan mengganggu penampilan serta kinerja.

Gunakan sunroof sesekali

Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama bisa rusak dengan sendirinya. Sunroof juga demikian. Bila tidak digunakan terlalu lama, maka bisa saja rusak. Jika tidak pernah menggunakan mobil tersebut, setidaknya gerakkan sunroof dengan membuka dan menutupnya minimal tiga minggu sekali agar rel tidak lengket di kaca sunroof dan akhirnya sulit dibuka.

Hindari sinar matahari langsung

Sunroof memiliki bagian karet yang mencegah masuknya air ke dalam kabin saat hujan. Karet ini bisa cepat getas atau kering dan pecah-pecah apabila sering terkena sinar matahari langsung. Akibatnya, karet bisa rusak dan menyebabkan kebocoran. Karena itu, sangat disarankan memarkirkan mobil di tempat teduh. Minimal, ada penutup di bagian sunroof agar karet tidak terjemur. Selain itu, jaga kekenyalan karet sunroof dengan silicone spray agar tetap berfungsi dengan sempurna.



Kembali ke atas