Simak Tips Memilih Cairan Wiper Mobil yang Tepat

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 3 April 2023

Simak Tips Memilih Cairan Wiper Mobil yang Tepat

momobil.id – Agar kondisi kaca mobil tetap optimal, pemilik mobil wajib merawat perangkat pembersih kaca mobil. Tidak hanya wiper, penggunaan cairan wiper pada mobil juga harus diperhatikan. Berikut ini tips memilih cairan wiper mobil yang tepat.

Fungsi Air Wiper

Kaca depan dan belakang pada umumnya akan kotor seiring dengan pemakaian, terutama saat hujan. Hal ini tentunya saat mengganggu visibilitas pengemudi ketika berkendara. Air wiper berfungsi untuk membersihkan kaca depan dan kaca belakang. Cairan ini nantinya akan disemprot pada bagian kaca mobil sebelum disapu oleh wiper.

Cairan wiper juga berfungsi untuk membuat kaca depan menjadi licin sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, air wiper mampu mencegah timbulnya goresan pada permukaan kaca mobil.

Tiga Pilihan Cairan Wiper

Ada tiga pilihan cairan yang bisa digunakan sebagai air wiper. Tiga jenis cairan ini mudah dicari di pasaran dan memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut jenisnya.

1. Wiper Fluid

Air wiper atau wiper fluid merupakan cairan yang dirancang khusus sebagai pembersih kotoran pada kaca depan dan kaca belakang. Pada umumnya, wiper fluid ditawarkan dengan kemasan yang bervariasi mulai dari 300 ml hingga 3,5 liter. Harga dari air wiper berkisar antara Rp15.000 hingga Rp90.000 per botol.

Di pasaran ada berbagai jenis wiper fluid. Terdapat cairan yang bisa langsung digunakan atau cairan berbentuk konsentrat yang perlu dicampur dengan air. Agar menghasilkan konsentrasi yang tepat, sebaiknya pemilik mobil membaca petunjuk yang terdapat pada kemasan terlebih dahulu.

2. Air Campuran Pembersih

Cairan campuran pembersih bisa digunakan sebagai pengganti dari wiper fluid. Pemilik mobil bisa mencampurkan air dengan cairan pencuci piring, atau teh. Campuran tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan lapisan minyak pada permukaan kaca.

Saat mencampurkan bahan tersebut, pastikan bahwa kadar pH sesuai. Selain itu, hindari penggunaan deterjen karena bersifat basa. Perlu diingat bahwa air campuran pembersih hanya digunakan sebagai opsi terakhir.

3. Air Suling

Pemilik mobil bisa menggunakan air suling atau air destilasi sebagai pengganti cairan wiper. Air ini biasanya digunakan juga sebagai air aki penambah dengan botol atau tutup berwarna biru. Harga dari air suling pada umumnya cukup murah, berkisar antara Rp10.000 – Rp15.000 per liter.

Baca Juga: Washer Wiper Mobil Tersumbat? Begini Solusi Mengatasinya

Tips Memilih Cairan Wiper yang Tepat

Berfungsi sebagai pembersih kaca mobil, pemilik mobil perlu memilih cairan wiper yang tepat. Berikut ini tips yang bisa dilakukan ketika memilih air wiper.

1. Perhatikan Jenis Cairan Wiper

Sebelum memilih cairan wiper yang tepat, pemilik mobil harus mengetahui terlebih dahulu jenis cairan wiper. Air wiper dibagi menjadi dua jenis, yakni cairan yang siap tuang ke dalam tangki reservoir dan cairan konsentrat.

Jika memilih cairan wiper konsentrat, pemilik mobil harus memperhatikan perbandingan cairan dan air. Pastikan perbandingan cairan harus sesuai dengan takaran pada kemasan. Misalnya, perbandingan cairan yang terlihat pada kemasan 1:100, maka 1 ml cairan wiper untuk 100 ml air. Kelebihan takaran dapat membuat busa yang dihasilkan terlalu banyak, sehingga mampu menghambat saluran wiper.

2. Hindari Penggunaan Cairan yang Mengandung Detergen

Saat mengisi tabung reservoir untuk cairan wiper, hindari penggunaan sabun yang mengandung detergen. Kandungan tersebut berpotensi memberikan efek pelangi dan mengganggu visibilitas pengemudi. Detergen juga dapat merusak karet wiper dan berpotensi meninggalkan bercak jamur.

3. Jangan Menggunakan Air Keran

Mengisi ulang cairan wiper tidak disarankan menggunakan air keran. Air keran berpotensi menimbulkan lumut pada tabung reservoir. Lumut yang tumbuh dapat menghambat washer tersumbat, sehingga air tidak dapat membersihkan kaca mobil secara optimal. Di samping itu, air keran memiliki pH yang berbeda-beda dan tidak diketahui.

4. Perhatikan Kadar pH

Pemilik mobil perlu memperhatikan kadar pH pada kandungan cairan yang dipakai untuk air wiper. pH yang tinggi mampu menyebabkan karet wiper menjadi tidak elastis dan timbulnya jamur pada kaca mobil.

5. Hindari Penggunaan Sabun dan Shampoo

Penggunaan sabun dan shampoo sebagai cairan wiper tidak disarankan. Kandungan dari shampoo dan sabun dapat menghasilkan busa berlebih, sehingga tidak sesuai untuk dijadikan cairan wiper. Busa yang berlebih tentu dapat mengganggu visibilitas pengemudi ketika berkendara.

Rekomendasi Air Wiper untuk Mobil

Ada beberapa air wiper terbaik yang bisa ditemui di pasaran. Berikut ini adalah rekomendasinya.

  • Kit Wiper Fluid
  • Waxco Windshield Cleaner
  • Megacools Wiper Fluid
  • Sonax Clear View
  • Otogard Gold Line Wiper Fluid Concentrate

Itulah beberapa rekomendasi air wiper yang cocok digunakan untuk mobil. kebanyakan cairan wiper dari merek-merek tersebut berkisar antara Rp10.000 hingga Rp112.000.

mobil terkait

Rp 373.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 453.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 412.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 370.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 112.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 145.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas