Hobi Bersepeda? Simak Tips Memilih Mobil yang Tepat untuk Membawa Sepeda

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 July 2020

Hobi Bersepeda? Simak Tips Memilih Mobil yang Tepat untuk Membawa Sepeda

momobil.id – Mobil menjadi salah satu kendaraan favorit di perkotaan setelah sepeda motor. Selain bisa membawa banyak barang, mobil juga bisa dimanfaatkan untuk membawa sepeda mengingat tren bersepeda kembali naik daun belakangan ini. Sebelum membeli mobil, baiknya calon pembeli mengetahui tips memilih mobil baik mobil baru atau bekas agar bisa mendapatkan unit sesuai ekspektasi.

Tips pertama dalam memilih mobil untuk bersepeda yakni mobil tersebut sebaiknya memiliki bagasi lega. Karena itu kebanyakan mobil yang bisa mengangkut sepeda merupakan mobil-mobil dari kategori SUV atau MPV yang memiliki kapasitas bagasi yang lapang. Namun jika menggunakan mobil berukuran hatchback atau city car, mungkin bisa memilih sepeda lipat yang ukurannya masih pas dengan bagasi atau ruang kabin mobil jika bangku baris kedua dilipat.

Tips kedua, sebaiknya memilih mobil yang memiliki roof rail. Hal ini penting jika ukuran bagasi atau kabin mobil tak mampu menampung ukuran sepeda. Roof rail di atap bisa menjadi solusi, karena dapat sebagai tempat mengikat bike rack yang dipakai untuk menaruh sepeda.

Tips ketiga, pilih mobil yang tangguh di segala medan. Alasannya, jika pengguna ingin bersepeda di pegunungan atau pesisir pantai misalnya, maka untuk mencapai lokasi tersebut tentu membutuhkan mobil yang mampu melewati berbagai macam rute perjalanan. Mobil SUV dengan pilihan penggerak empat roda bisa menjadi opsi untuk mendukung hobi bersepeda di berbagai lokasi.

Baca juga: Penghasilan Rp3 Juta hingga Rp5 Juta Bisa Beli Mobil! Simak Hitungannya agar Tidak Tekor

Tips keempat, selalu simpan dan catat nomor layanan darurat brand mobil tersebut. Sesuai namanya, layanan ini akan bermanfaat jika sewaktu-waktu terjebak dalam kondisi darurat ketika bepergian mencari lokasi untuk bersepeda. Misalnya, mobil mogok di tengah jalan yang lokasinya jauh dari bengkel, atau mesin maupun komponen mobil mengalami masalah selama dalam perjalanan.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas