Sinyal Nissan Menghadirkan Kicks Sebagai Penerus Juke di Indonesia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 January 2020

Sinyal Nissan Menghadirkan Kicks Sebagai Penerus Juke di Indonesia

momobil.id – Sempat beredar foto spyshot di beberapa media, Nissan Indonesia seakan memberi sinyal untuk memperkenalkan Nissan Kicks. Jika benar, maka mobil ini akan menggantikan posisi Nissan Juke di Indonesia. Kicks bukanlah sepenuhnya mobil baru. Mobil ini pertama kali diperkenalkan lewat mobil konsep pada tahun 2014 di ajang Sao Paulo International Motorshow.

Pada tahun 2016, mobil ini mulai dijual di Amerika Latin dan menggantikan posisi Nissan Juke. Mobil ini kemudian mulai dijual di India pada tahun 2019, dan menggantikan Nissan Terrano. Lantas, apa yang membuat Kicks ini menarik? Simak pembahasannya berikut ini.

Desain

Desain dari Nissan Kicks lebih menarik dibanding pendahulunya. Pada bagian depan, terdapat V-Motion Grill yang merupakan ciri khas Nissan. Disamping grill terdapat lampu depan dengan teknologi LED DRL yang terlihat menyipit. Pada bagian samping, mobil ini memiliki desain floating roof pada pilar C. Mobil ini memiliki ban berukuran 17 inci dengan desain 5-spoke alloy. Di sisi belakang, mobil ini dilengkapi dengan lampu belakang yang memiliki desain tajam.

Meskipun terlihat sama antara Kicks versi Amerika dengan versi India, namun mobil ini memiliki platform yang berbeda pada masing-masing pasar. Untuk pasar Amerika, Kicks menggunakan platform Nissan V. Platform ini digunakan juga oleh Nissan March, Nissan Almera, dan Datsun GO. Untuk pasar India, Kicks berbagi platform dengan Dacia Duster dan Renault Kaptur, yaitu menggunakan platform Dacia B0. Dengan platform yang berbeda, ukuran Kicks pasar India sedikit lebih besar daripada Kicks yang dijual di Amerika.

Baca Juga : Melihat Perubahan Desain Interior Nissan Juke 2020

Mesin

Sumber gambar: Autoguide

Nissan Kicks memiliki mesin yang berbeda untuk setiap pasarnya. Di pasar Amerika, Kicks memiliki mesin 1.600cc DOHC yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 122 PS dan torsi 155Nm. Untuk pasar India, Kicks memiliki dua tipe mesin. Pertama adalah mesin bensin berkapasitas 1.498cc yang memiliki tenaga sebesar 102 hp dan torsi 142Nm. Mesin kedua adalah mesin diesel 1.461 cc yang memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar, yaitu 108hp / 204 Nm. Ketiga mesin ini tersedia dalam pilihan transmisi otomatis dan manual.



Kembali ke atas