Skoda Kembangkan Teknologi Seat Belt, Bagian Buckle Mendapat Lampu

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 November 2020

Skoda Kembangkan Teknologi Seat Belt, Bagian Buckle Mendapat Lampu

momobil.id – Mengaitkan pengunci sabuk pengaman dengan bagian pengait bukan sesuatu yang sulit. Namun hal ini akan sedikit menantang jika dilakukan di area yang gelap karena bagian pengait tak terlalu terihat. Hal ini kemudian mendorong lahirnya inovasi teknologi yang diterapkan pada seat belt atau sabuk pengaman.

Pabrikan mobil asal Republik Ceko bernama Skoda menghadirkan inovasi teknologi seat belt dengan menambahkan lampu LED di bagian buckle atau pengait. Teknologi ini dikembangkan untuk membantu para penumpang yang agak sulit menggunakan sabuk pengaman saat malam hari atau di lokasi gelap.

Selain itu, seperti dilansir Medcom.id, penggunaan lampu ini juga sangat membantu para orang tua dalam memantau anak-anaknya yang duduk sebagai penumpang. Lampu-lampu ini akan mempermudah para orang tua mengawasi apakah anak-anaknya sudah menggunakan sabuk pengaman atau belum.

Inovasi yang sudah dipatenkan ini dilengkapi dengan lampu LED di bagian buckle yang bisa berubah-ubah warnanya. Dengan posisi buckle yang sudah bercahaya, diharapkan penumpang tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengaitkan locking retractors dengan buckle di dalam kondisi gelap.

Sistem kerja lampu LED ini terdiri atas tiga warna yakni putih, merah, dan hijau. Warna putih akan muncul apabila tidak ada penumpang yang duduk di jok tersebut.

Baca juga: Mobil Ini Tidak Pernah Dicuci Selama 44 Tahun, Begini Awal Ceritanya

Ketika ada penumpang yang duduk di jok, warna di LED akan berubah menjadi merah dan mengingatkan penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman. Sedangkan warna hijau menjadi pertanda sabuk pengaman sudah terpasang dengan baik.

Sabuk pengaman dilengkapi juga dengan kristal di tombol pelepas transparan untuk membantu menyebarkan cahaya. Pengguna juga dapat memprogram sabuk pengaman agar kelap-kelip supaya semakin terlihat di malam hari. Sayangnya inovasi ini masih dalam pengembangan meski sudah dipatenkan.

Sumber gambar: autocar.co.uk


Kembali ke atas