Spesifikasi Benz-Patent Motorwagen, Mobil Pertama Di Dunia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 6 June 2020

Spesifikasi Benz-Patent Motorwagen, Mobil Pertama Di Dunia

momobil.id – Mobil pertama di dunia ditetapkan pada 29 Januari 1886. Hal ini bermula dari Carl Benz yang mengajukan paten kendaraan bermotor roda tiga di Berlin. Sejak saat itu, mobil bermesin bensin yang dikembangkan oleh Carl Benz ini menjadi pionir dari transportasi kendaraan berbahan bakar mesin. Mobil yang dipatenkan oleh Cal Benz ini adalah Benz-Patent Motorwagen.

Bizara soal mesin, Carl Benz mengembangkan mesin bensin stationer berkonfigurasi 2 tak satu silinder pada tahun 1979. Pada bagian dapur pacu, Benz-Patent Motorwagen dilengkapi dengan mesin 1 silinder 4 tak berkapasitas 954 cc. Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini sebesar 0,55kW (0,7 dk). Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT yang dikombinasikan dengan penggunaan gir dan rantai pada kedua sisi poros roda. Jika dibandingkan dengan mesin konvensional saat ini, mesin ini tidak cepat. Apabila dibandingkan dengan mesin Honda Vario, tenaga dari mesin ini adalah 1/10 dari tenaga Honda Vario yang memiliki output tenaga sebesar 10,9dk.

Desain dari mesinnya sebagian besar sama seperti mesin pembakaran internal saat ini. Mesin dilengkapi crankshaft dengan penyeimbang, pengapian listrik, dan berpendingin air. Bobot mesin Benz-Patent Motorwagen mencapai 100kg, dimana mesin tergolong ringan pada masa itu. Mesin ini memiliki desain bak mesin terbuka, katup intake yang dapat digeser katup pembuangan yang dioperasikan oleh cakram cam, pelatuk klep dan pushrod, serta menggunakan sistem pelumasan tetes.

Baca Juga : Bukan Kotak atau Segitiga, Mengapa Setir Mobil Berbentuk Bulat?

Dalam segi penggerak, Motorwagen menggunakan roda yang berukuran sangat besar. Roda yang digunakan berjumlah 3 roda. Kedua roda belakang terpasang secara horizontal pada sasis. Hal ini bertujuan untuk mencegah efek girospik dari pemasangan secara vertikal yang nantinya akan mengganggu kemudi dan stabilitas kendaraan. Kapasitas bahan bakar menjadi salah satu kekurangan dalam mobil ini. Untuk setiap 200 kilometer perjalanan, dibutuhkan 10 liter bensin agar kendaraan tersebut tetap melaju. Namun, kapasitas bahan bakar ini tidak menjadi masalah uutama pada awalnya. Tujuan utama dibuatnya mobil ini adalah untuk menunjukkan bahwa desain keseluruhan dan konsep mobil sesuai dengan kegunaannya.

Sumber gambar: wikipedia.org.



Kembali ke atas