Spesifikasi dan Fitur All New BR-V 2021 Pesaing Rush-Terios, Suzuki XL7, dan Xpander Cross

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 September 2021

Spesifikasi dan Fitur All New BR-V 2021 Pesaing Rush-Terios, Suzuki XL7, dan Xpander Cross

momobil.id – Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini resmi meluncurkan All New Honda BR-V untuk pasar Indonesia. Pesaing Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Mitsubishi Xpander ini mendapat banyak ubahan dibanding model sebelumnya. Seperti apa spesifikasi All New Honda BR-V 2021?

Sejak diperkenalkan pada 2015 lalu, BR-V akhirnya memasuki generasi kedua enam tahun kemudian. All New BR-V merupakan produk massal dari N7X yang sempat diperkenalkan ke pulau Jawa dan berakhir di kota Makassar.

Honda BR-V kini berubah signifikan ketimbang BR-V lawas yang mirip dengan mobil LMPV Mobilio. Berikut spesifikasi lengkap All New Honda BR-V mulai dari sisi ekterior, mesin, hingga interior.

Eksterior

Pada bagian fascia All New Honda BR-V, kini menampilkan desain baru LED Headlamp yang dilengkapi LED Daytime Running Light yang menyatu dengan grille depan.

Pada sisi belakang, All New Honda BR-V juga mengusung desain baru pada Rear Combi Lamp yang dilengkapi dengan LED Light Bars dirancang menyatu dengan garis bodi. Sementara dari samping, kesan tangguh dari sebuah SUV semakin kuat dengan desain velg baru berukuran 17 inch (varian Prestige, dan Prestige Honda Sensing).

Kesan SUV juga makin dipertegas dengan ground clearance yang lebih tinggi, yakni 220 mm. Secara dimensi, All New BR-V juga mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya, sekarang memiliki panjangnya 4.490 mm, lebar 1780, tinggi 1685, dan wheelbase 2.700mm. Sedangkan varian grade S lebih pendek, yakni 1,651 mm.

Interior

Masuk dalam kabin All New Honda BR-V, baris pertama dilengkapi console armrest, sedangkan baris kedua juga dilengkapi sandaran tangan.

Tak hanya itu, All New Honda BR-V juga menambah jumlah power outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya yang terletak di area konsol depan, di kursi baris kedua dan ketiga yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat dengan daya hingga 12 V.

Area kokpit dari All New Honda BR-V juga ditunjang layar 4.2″ Thin-Film Transistor (TFT) Display yang menampilkan informasi seperti fungsi Honda Sensing, rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar.

Sedangkan fitur hiburannya dipadukan dengan sistem audio video baru dengan layar sentuh 7 inch yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

Fitur

All New Honda BR-V juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti:

Remote Engine Start

Untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan.

Walk-Away Auto Lock

Berfungsi mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil.

Honda LaneWatchTM

Memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot.

Smart Entry System

Mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal dimana spion dapat menutup otomatis ketika mobil terkunci.

Baca juga: MG ZS Mendapat Penyegaran, Kini Tersedia Dalam Tiga Varian

Dari segi keselamatan, All New Honda BR-V kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih Honda Sensing. Ini merupakan yang pertama kali bagi model Honda BR-V di Indonesia, setelah sebelumnya disematkan pada mobil-mobil kelas atas seperti New Honda Odyssey, All New Honda Accord dan New Honda CR-V

Lalu, apa saja fitur keselamatan Honda Sensing pada All New BR-V tipe tertinggi?

Lead Car Departure Notification System (LCDN)

Sistem yang berfungsi menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.

Collision Mitigation Brake SystemTM (CMBSTM)

Sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBSTM didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.

Lane Keeping Assist System (LKAS)

Membantu kemudi menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.

Road Departure Mitigation (RDM)

Berfungsi memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.

Adaptive Cruise Control (ACC)

Membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.

Auto-High Beam

Sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

Mesin

Untuk urusan dapur pacu, spesifikasi Honda BR-V terbaru dilengkapi mesin yang sama dengan City Hatchback, yakni berkode L15ZF 1.500cc empat silinder i-VTEC DOHC bertenaga 121 PS pada 6.660 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Ada dua pilihan transmisi, yakni manual 6-percepatan dan CVT. Disebut All New BR-V lebih irit BBM 3 persen dari model sebelumnya.

“Untuk mesin memang BR-V sama dengan yang digunakan City Hatchback, tapi karena tema yang diusung adalah LSUV, jadi kami juga melakukan settingan, untuk mendongkrak tenaga dan efisiensi bahan bakarnya,” kata Product Planning and Development Senior Manager Honda R&D Asia Pacific, Yoshihiko Eguchi.

Varian

All New BR-V tersedia 5 varian, yakn S (M/T), E (CVT), E (M/T), Prestige CVT, dan Prestige with Honda Sensing (CVT). All New Honda BR-V hadir dengan 5 pilihan warna, Premium Opal White Pearl, yang merupakan warna baru, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Harga

Soal harga, Honda Prospect Motor belum merilis secara resmi sebab pihaknya masih melakukan perhitungan, plus produksi baru dimulai pada Desember 2021. Konsumen yang melakukan pemesanan pada tahun ini baru akan dikirim mulai Januari 2022.

Berdasarkan kondisi saat ini, konsumen dapat melakukan pemesanan harga mulai dari Rp260 juta (tipe terendah) dengan asumsi kondisi pajak normal (tidak dikenakan relaksasi PPnBM).

mobil terkait

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas