Spesifikasi dan Fitur Mobil Semi Otonom MG HS Magnify yang Mengaspal di Indonesia

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 June 2021

Spesifikasi dan Fitur Mobil Semi Otonom MG HS Magnify yang Mengaspal di Indonesia

momobil.id – MG Motor Indonesia baru saja memperkenalkan model terbarunya yakni MG HS Magnify yang dibekali teknologi i-SMART. Teknologi tersebut menawarkan beragam fitur canggih dalam berkendara, mulai dari Smart Drive hingga Smart Connect.

Sebelum membahas sederet fitur canggih di MG HS Magnify, mari melihat dulu seperti apa spesifikasi pesaing Wuling Almaz RS ini.

Dimensi

Secara dimensi, tak ada yang berbeda antara varian Magnify dengan Excite dan Ignite. MG HS Magnify memiliki panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm. Jarak sumbu rodanya 2.720 mm dan memiliki tangki bahan bakar sebesar 55 liter.

Di bagian dapur pacu, MG HS Magnify menggendong mesin DOHC 4 silinder 16 Valve Turbo TGI 1.490 cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 162 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 250 Nm pada 1.700-4.400 Nm.

Eksterior

Pada sisi eksterior, Magnify masih menggunakan velg dan ban yang sama seperti varian Ignite yakni velg alloy wheel 235/50 R18. Begitu juga lampu utamanya yang sudah menggunakan LED, dan tentunya dilengkapi beragam fitur pendukungnya seperti DRL, lampu kabut, Headlight Leveling, Auto On/Off Headlamps, pengaturan spior elektrikal disertai lampu, serta lampu sein sequential.

Kemudian, lampu belakang juga sudah menggunakan LED, defogger pada kaca belakang, sistem pembuka bagasi Power Tailgate, spoiler belakang, rel atap, dan tentunya panoramic sunroof.

Interior

Bagian interior Magnify menggunakan paduan warna merah hitam dengan penggunaan kursi kulit sintetis tipe sport yang sudah elektrik. Fitur lainnya yang hadir di bagian interior kurang lebih tak jauh berbeda dengan varian Ignite seperti adanya ambient light, mode mengemudi dengan tombol Super Sport, hingga pedal sport.

Baca juga: Benarkah Mematikan AC di Jalan Menanjak Membuat Mobil Lebih Bertenaga?

Keamanan

MG HS Magnify
MG HS Magnify

Untuk fitur keamanan, tak terlalu berbeda jauh dengan varian di bawahnya. Hal yang paling membedakan Magnify dengan varian Excite dan Ignite memang kehadiran fitur-fitur dalam teknologi i-SMART yang akan dijabarkan lebih lanjut di bawah ini. Sedangkan fitur keamanan standar yang sudah ditanamkan pada Magnify seperti:

Struktur Body FSF (Full Space Frame)
Rem tangan Elektronik
Auto Vehicle Hold
ABS+EBD
Electronic Brake Assist
Curved Brake Control
Sistem pengereman saat tikungan dengan XDS
Stability Control System
Traction Control System
Hill-start Assist System
Hill Descent Control System
Motor Control Slide Retainer
Anti Rolling Program
Lampu peringatan rem darurat ESS
Door Open Warning
Sistem pengawas tekanan ban (TPMS)
ISOFIX
Kamera belakang
Alarm mundur
Sistem pengaman pintu bagasi
Airbags depan, samping dan tirai
Sabuk pengaman Pull-Back dengan pengatur otomatis
Sabuk pengaman tiga titik
Sistem keamanan kunci kendaraan
Kunci pintu dengan pendeteksi kecepatan

Fitur

Seperti apa fitur-fitur canggih yang menjadi pembeda MG HS varian Magnify dan Ignite? Berikut penjelasannya.

Smart Drive

MG Pilot yang merupakan kesatuan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada MG HS merupakan teknologi berkendara otonom yang canggih.

Kamera 360 kini melengkapi visualisasi pengemudi dari segala sudut saat menyetir dan dapat disaksikan pada layar sentuh infotainment display yang kini tampil lebih luas dengan penampang berukuran 10.1 inch. Ada juga Lane Assist System (LAS) yang terdiri dari Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP) serta Lane Keep Assist (LKA) yang akan memperingatkan serta mengoreksi pengendara agar tetap berada pada lajur yang tepat saat berkendara.

Kemudian, Front Drive Assist (FDA) juga tersedia untuk memberi ragam kemampuan pada kendaraan yang dapat menyesuaikan dengan keadaan di depannya. Contohnya adalah Adaptive Cruise Control sebagai sistem otomatis yang menyesuaikan kecepatan dan jarak kendaraan dari kendaraan lain yang ada di depannya, atau Traffic Jam Assist (TJA) yang mampu mengatur laju kendaraan secara otomatis pada saat kendaraan berada di tengah kemacetan.

Terakhir adalah Rear Drive Assist (RDA) yang akan membantu pengemudi lebih memperhatikan keadaan di bagian belakang kendaraan lewat fitur keselamatannya yang canggih seperti Door Opening Warning (DOW) dan Blind Spot Detection (BSD).

Smart Check

Dengan teknologi MG i-SMART, pengguna MG HS dimudahkan untuk melakukan banyak hal bahkan dari jarak jauh. Mulai dari menyalakan mesin dan AC, membuka dan mengunci pintu, memantau performa dan kondisi mobil seperti status tekanan ban, status persentase bensin, hingga mengecek dan menemukan letak kendaraan.

Selain itu, para pengguna juga dapat menemukan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi sebelum melakukan perjalanan menggunakan Travel Plan. Seluruhnya dapat diakses pada aplikasi MG i-SMART yang kini sudah tersedia di Play Store dan App Store.

Smart Command

Sesuai namanya, ini merupakan fitur voice command yang bisa membantu pengemudi tetap fokus selama berkendara. Cukup sapa mobil dengan Hello, MG! maka sistem kendaraan dapat membantu pengemudi untuk melakukan banyak hal hanya lewat perintah suara.

Saat berkendara di siang hari yang panas, pengemudi dapat mengatakan temperature down dan kendaraan akan secara otomatis menurunkan suhu AC. Apabila ingin melihat indahnya bintang dan bulan saat berkendara di malam hari, perintah open the sunroof akan secara otomatis membuka Electric I-MAX Panoramic Sunroof.

Pengendara juga dapat memainkan music dengan mengucapkan play the music atau juga melakukan dan mengangkat panggilan telepon melalui perintah suara pada layar infotainment system.

Smart Connect

Fitur ini bisa membantu pengemudi mencari lokasi yang ingin dituju seperti tempat-tempat kekinian, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lainnya lewat layar infotainment system dalam kendaraan. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas streaming musik, melihat keadaan jalanan secara real time lewat Smart Navigation, atau update informasi cuaca terkini melalui AVN Weather.

Harga

Lalu, berapa harga mobil canggih ini? MG HS Magnify dibanderol Rp469,8 juta selama periode launching (syarat dan ketentuan berlaku). Pihak MG juga menawarkan layanan purna jual gratis biaya perawatan hingga 100.000 km atau 5 tahun, termasuk jasa dan suku cadang, serta garansi selama 5 tahun tanpa batasan kilometer.


Kembali ke atas