Spesifikasi Honda CR-V e:FCEV, SUV Berbahan Bakar Hidrogen

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 February 2024

Spesifikasi Honda CR-V e:FCEV, SUV Berbahan Bakar Hidrogen

momobil.id – Honda resmi memperkenalkan lini baru SUV-nya dengan memperkenalkan Honda CR-V e:FCEV di Amerika Serikat. Menariknya, CR-V e:FCEV mengawinkan mesin berbahan bakar hidrogen dengan teknologi elektrifikasi. Lantas, bagaimana dengan spesifikasi dari Honda CR-V e:FCEV?

Desain dan Fitur

Secara tampilan, Honda CR-V e:FCEV tampak serupa dengan CR-V standar generasi keenam. Mobil ini masih mengusung tampilan yang elegan, sporty, dan modern. Meskipun demikian, Honda memberikan ubahan pada tampilan depan dan belakang.

Pada fasia depan, CR-V e:FCEV masih menggunakan lampu depan pipih berteknologi LED dengan grill yang pipih. Sementara pada bagian bumper, air intake dibuat lebih besar. Panel bodi di bagian depan pilar A juga turut didesain ulang dan terlihat lebih segar.

Beralih ke bagian samping, CR-V e:FCEV memiliki desain yang serupa dengan CR-V standar. Bagian velg kini diubah menjadi warna hitam dengan desain palang 10 berukuran 18 inci. Buritan belakang juga tutut diubah dengan lampu belakang berwarna hitam dan putih, serta lis berwarna hitam glossy di bawah kaca belakang.

Masuk ke bagian interior, CR-V e:FCEV menawarkan kabin yang luas dengan penggunaan material berkualitas. Model Touring dilengkapi dengan sejumlah fitur, diantaranya layar instrumen digital berukuran 10,2 inci, layar head unit 9 inci dengan wireless Apple CarPlay dan Android Auto, wireless charger, 12 buah speaker dengan BOSE premium audio system, handsfree tailgate, adjustable heated front seats, dan sensor parkir.

Tampilan Belakang Honda CR-V eFCEV
Honda CR-V e:FCEV

Baca Juga: Honda CR-V e:HEV Resmi Rilis di Indonesia, Segini Harganya

Sektor Performa Honda CR-V e:FCEV

Soal spesifikasi performa, Honda CR-V e:FCEV mengandalkan Fuel Cell Module generasi kedua yang dikembangkan oleh General Motors (GM). Untuk menggerakkan SUV bongsor ini, Honda menyematkan motor listrik tunggal pada roda depan yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 174 hp dengan torsi 311 Nm.

Tenaga yang dihasilkan bersumber dari paket baterai berkapasitas 17,7 kWh, modul sel bahan bakar, serta tangki hidrogen berbobot 4,3 kg. Hal ini membuat CR-V e:FCEV menjadi mobil pertama di AS yang mengkombinasikan sistem sel bahan bakar hidrogen dengan paket baterai yang memiliki kemampuan berjelajah sejauh 47 km.

Untuk cara kerja dari sistem Fuel Cell Module sendiri, Honda menyematkan sepasang tangki yang terletak di bawah kursi belakang yang berfungsi mengirimkan gas hidrogen yang sudah terkompresi ke unit sel bahan bakar. Gas kemudian diubah menjadi energi listrik yang dapat menggerakan motor listrik.

Demi mengakomodasi penambahan sistem sel bahan bakar, Honda meningkatkan kekakuakn lateral belakang sebesar 10% dan kekakuan tosi belakang sebesar 9 persen. SUV ini juga memiliki suspensi depan dan belakang yang direvisi dengan peredam, anti-roll bar, serta pegas yang berbeda.

Honda CR-V e:FCEV disematkan Power Supply Connector menggunakan stopkontak 110 volt yang mampu menghasilkan daya hingga 1.500 watt. Lewat connector ini, CR-V e:FCEV bisa dijadikan sebagai sumber listrik yang mampu mengisi daya baterai peralatan rumah tangga kecil.

Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

Sumber gambar: Honda

mobil terkait

Rp 220.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 220.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 185.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 130.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 176.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 152.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas