Spesifikasi KIA EV9 di Indonesia, SUV Listrik Rp1,9 Miliar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 18 August 2023

Spesifikasi KIA EV9 di Indonesia, SUV Listrik Rp1,9 Miliar

momobil.id – PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi menghadirkan SUV listrik pertamanya di Indonesia, yakni KIA EV9 GT-Line. SUV listrik asal Korea Selatan ini diluncurkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Berikut ulasan spesifikasi dari KIA EV9 GT-Line di Indonesia.

“Kami sangat gembira dengan peluncuran Kia EV9 GT-Line pada hari ini, sebuah Battery Electric Vehicle SUV terbaru yang memiliki berbagai keunggulan. Kia EV9 GT-Line juga menunjukkan komitmen Indomobil group dalam mendukung program pemerintah terkait kendaraan elektrifikasi, terutama untuk merek Kia di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, Andrew Nasuri dalam keterangan resminya.

Kehadiran dari KIA EV9 GT-Line di GIIAS 2023 sekaligus menjadi debut pertamanya di Asia Tenggara. Indonesia dipilih sebagai negara pertama yang menjual SUV listrik ini di ASEAN karena pertumbuhan pasar kendaraan elektrifikasi yang positif.

KIA EV9 sendiri merupakan sebuah SUV yang dibangun dari platform Electric Global Modular Platform (E-GMP). Mobil ini memiliki kabin yang lapang dan dapat menampung 7 orang penumpang.

Tampilan Eksterior KIA EV9

Tampak Belakang KIA EV9

KIA EV9 memiliki bahasa desain “Opposites United“. Kesan futuristis dari KIA EV9 terlihat dengan hadirnya Digital Tiger Face pada bagian gril. Desain tersebut merupakan evolusi dari gril tiger-nose ciri khas dari KIA. Bagian grill terdapat Digital Pattern Lighting Grille, sementara di sampingnya terdapat lampu utama berbentuk vertikal dan memanjang.

Beralih ke bagian samping, KIA EV9 memiliki siluet yang mengotak khas SUV modern. Mobil ini hadir dengan desain atap floating roof , velg berdesain futuristis dengan ukuran 21 inci, dan balutan ban berukuran 285/45 R21. Sementara bagian belakang terdapat lampu belakang yang memanjang secara vertikal, serta aksen hitam dan silver pada bagian bumper.

Soal dimensi, KIA EV9 memiliki panjang 5.015 mm, lebar 1.980 mm, dan tinggi 1.780 mm. Secara keseluruhan, ukuran dari KIA EV9 mirip dengan Hyundai Palisade.

Interior dan Fitur

KIA EV9 memiliki desain interior yang tampak modern dan mewah dengan kombinasi warna putih-hitam. Mobil ini menawarkan konfigurasi 3 baris dengan captain seat pada baris kedua. Untuk bagian joknya, KIA EV9 sudah hadir dengan fitur ventilated dan heated seats, serta relaxation seats pada baris pertama dan kedua. Penumpang baris kedua juga mendapatkan fitur Dynamic Body Care.

Pada bagian dashboard, KIA EV9 dilengkapi dengan layar kluster instrumen berukuran 12,3 inci dan layar head unit berukuran 12,3 inci. Mobil ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur lain guna meningkatkan kenyamanan berkendara pada kabinnya. Diantaranya, panoramic sunroof, head-up display, wireless charger, 14 buah speaker, dan Premium Sound System.

Seperti KIA EV6, EV9 GT-Line juga dilengkapi dengan fitur Vehicle 2 Load (V2L). Fitur ini dapat menyalurkan daya listrik dari mobil ke alat elektronik rumah tangga, atau kendaraan lain.

Interior KIA EV9
Interior KIA EV9

Baca Juga: Spesifikasi KIA Carens 6 Seater Bermesin 1.500cc

Fitur Keselamatan

Soal fitur keselamatan, KIA EV9 juga dilengkapi dengan sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS). Fitur tersebut diantaranya, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping Assist (LKA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Smart Cruise Control (NSCC), Highway Driving Assist 2 (HDA 2), Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist, serta Remote Smart Parking Assist 2 (RSPA 2)

Salah satu fitur ADAS yang menarik adalah RSPA 2. Teknologi ini memungkinkan mobil memarkir tanpa perlu bantuan dari pengemudi, baik di dalam, maupun di jalanan. RSPA 2 secara otomatis menggerakan EV9 ke tempat parkir yang ditentukan dengan mengendalikan gas, rem, serta perpindahan gigi.

Sektor Performa

Soal spesifikasi, KIA EV9 dibekali dengan dua pilihan kapasitas baterai dan tiga penggerak. Varian standar hadir dengan baterai 76,1 kWh dan penggerak roda belakang (RWD). Sementara varian tertinggi mengusung baterai 99,8 kWh dengan pilihan penggerak RWD dan all-wheel drive (AWD).

Untuk sektor performa, KIA EV9 GT-Line di Indonesia mengusung baterai berkapasitas 99,8 kWh dengan penggerak all-wheel drive. Baterai menyalurkan tenaga ke motor elektrik yang mampu menghasilkan daya sebesar 385 PS dan torsi 700 Nm. Dengan spesifikasi yang dimiliki, KIA EV9 GT-Line mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 5,3 detik.

Baterai lithium-ion 99,8 kWh yang diusung oleh KIA EV9 mampu membuat mobil berjelajah sejauh 497 km dalam kondisi baterai penuh. Mobil ini sudah didukung oleh pengisisan daya DC Ultra Fast Charging dan AC atau Wallbox Charging. Dengan ultra fast charging 250 kW, baterai dapat terisi penuh sekitar 23 menit. Sementara pengisian daya menggunakan Wallbox Charging 11 kW ditempuh dalam waktu 10 jam 45 menit.

Harga KIA EV9 di Indonesia

Di Indonesia, KIA EV9 GT-Line dibanderol dengan harga Rp1.975.000.000,- (on the road DKI Jakarta). Harga tersebut termasuk garansi baterai 8 tahun dan home charger.

KIA EV9 yang dijual di Indonesia berstatus CBU atau diimpor langsung dari Korea Selatan. Kuota SUV listrik ini tidak banyak, hanya 30-50 unit. Konsumen yang melakukan pemesanan saat ini akan mendapatkan unitnya pada November 2023.

Sumber gambar: KIA

mobil terkait

Rp 127.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 407.600.000

Individu

Jakarta

Rp 414.600.000

Individu

Jakarta

Rp 467.000.000

Individu

Jakarta

Rp 948.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 8.488.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT


Kembali ke atas