Canggih dan Punya Ruang Interior Super Lega, Simak Spesifikasi Lengkap Hyundai Staria

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 13 April 2021

Canggih dan Punya Ruang Interior Super Lega, Simak Spesifikasi Lengkap Hyundai Staria

momobil.id – Hyundai Motor Company resmi meluncurkan lini produk multi-purpose vehicle (MPV) terbaru, Staria, melalui pemutaran perdana secara digital. Bagaimana spesifikasi Hyundai Staria? Baca terus sampai habis ya.

Peluncuran Hyundai Staria disebut merupakan respon dari perusahaan otomotif asal Korea Selatan tersebut terhadap perubahan kebutuhan konsumen dengan menawarkan fitur-fitur inovatif, dan mendefinisikan kembali pengalaman perjalanan di dalam mobil yang sejalan dengan visi perusahaan, ‘Progress for Humanity’.

Staria hadir dengan pilihan 2 hingga 11 konfigurasi kursi dan tersedia dalam dua varian yakni Staria dan Staria Premium. Lalu, apa saja yang ditawarkan Hyundai lewat model barunya tersebut? Berikut spesifikasi lengkap Hyundai Staria.

Eksterior

Jika melihat bentuk Staria, maka kesan futuristik cukup melekat pada mobil ini. Bagian depan Staria dilengkapi Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan sebuah lampu pendukung yang memanjang di bagian depan kendaraan, serta gril radiator dengan kesan yang tebal dan lebar dengan pola yang unik.

Siluet tampilan depan yang bersih semakin diperkuat dengan sepasang lampu depan yang rendah. Hyundai menggunakan warna eksterior yang sama untuk semua bagian depan kendaraan untuk memaksimalkan gaya modern dan orisinil dari Staria.

Staria tipe Premium menampilkan aksen warna krom kuningan eksklusif yang diaplikasikan pada emblem, grille, bezel lampu depan, bemper depan dan belakang, roda, kaca spion samping, dan gagang pintu untuk menekankan tampilan premium dan modern dari kendaraan ini.

Posisi beltline yang lebih rendah dan jendela panoramic di bagian samping kendaraan meningkatkan visibilitas secara keseluruhan dan nuansa yang lebih terbuka. Pendekatan desain yang luas dan terbuka ini terinspirasi oleh pendekatan arsitektur tradisional ‘hanok’ dari Korea, yang memungkinkan para penumpang seolah-olah merasakan langsung pemandangan bagian luar sebagai bagian dari sisi interior kendaraan.

Selain itu, tema desain dari Staria turut diaplikasikan ke bagian belakang, menghadirkan jendela yang lebar dikelilingi oleh lampu belakang vertikal yang memanjang, sedangkan tipe Staria Premium menggunakan desain lampu Parametric Pixel Hyundai yang unik. Bemper bagian belakang didesain dengan posisi yang lebih rendah agar para penumpang dapat dengan mudah menaikkan dan menurunkan barang bawaan.

Staria tersedia dalam delapan warna yakni Abyss Black Pearl, Creamy White, Graphite Grey Metallic, Moonlight Blue Pearl, Shimmering Silver Metallic, Dynamic Yellow, Olivine Grey Metallic dan Gaia Brown Pearl.

Interior

Interior Staria juga terinspirasi dari kapal pesiar untuk menghadirkan suasana terbuka dan unik melalui desain arsitektur yang inovatif.

Kursi pengemudi dan penumpang di baris pertama dirancang untuk memberikan kesan luas dan nyaman. Tata ruang interior Staria yang sederhana dan fokus pada hal-hal penting untuk memberikan lebih banyak ruang dan fleksibilitas bagi para penumpang. Sebuah laci penyimpanan di kursi penumpang baris pertama dipindahkan ke bagian depan untuk memberikan ruang kaki ekstra.

Kursi pengemudi memiliki tampilan futuristik dan berteknologi tinggi dengan dukungan layar depan 10,25 inci yang canggih, layar sentuh fascia bagian tengah, dan sebuah tuas pemindah gigi elektronik berbasis tombol. Kluster digital mobil ini terletak di atas dashboard, memberikan pandangan yang luas dan tidak terhalang bagi pengemudi.

Interior Hyundai Staria
Interior Hyundai Staria

Ruang penyimpanan tersedia di beberapa titik seperti bagian atas dari konsol overhead, bagian bawah cluster, serta bagian atas dan bawah fascia tengah. Baik para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan.

Staria Premium menawarkan berbagai fitur interior tambahan yang akan mengubah pengalaman mobilitas para penumpang. Tipe Premium mobil 7-seater ini dilengkapi dengan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat disandarkan secara elektronik dan juga dapat digeser agar mudah dijangkau atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan barang.

Mode relaksasi dengan satu sentuhan membuat kursi dapat bersandar secara otomatis ke posisi yang nyaman. Meskipun kursi penumpang bagian tengah dapat dibaringkan dengan mode ini, terdapat ruang yang cukup bagi penumpang dewasa untuk duduk dengan nyaman pada baris ketiga.

Kursi perorangan pada tipe Premium 9-seater, di baris kedua dapat berputar 180 derajat untuk berhadapan dengan penumpang pada baris ketiga. Hal ini membuat Staria tipe Premium ideal untuk kendaraan perusahaan atau berfungsi sebagai tempat kerja di dalam mobil, atau bisa juga dimanfaatkan sebagai penambah kenyamanan ketika membawa anggota keluarga.

Interior Hyundai Staria
Interior Hyundai Staria

Lampu mood ambient dengan 64 pilihan warna, tersedia pada semua varian Staria Premium. Pencahayaan langsung dan tidak langsung dapat secara selektif menerangi area kokpit, konsol, pintu, dan bagian penyimpanan barang bawaan. Rasa premium semakin ditingkatkan dengan sound system Bose.

Lebih lanjut, ruang untuk kaki Staria yang luas merupakan salah satu yang terbaik di segmennya dan dapat diubah menjadi ruang kargo tambahan yang luas saat semua kursi digeser secara bersamaan.

Selain itu, mode full-flat yang diterapkan pada kursi penumpang bagian belakang Staria menjadikan kendaraan ini pilihan yang tepat untuk aktivitas yang membutuhkan banyak ruang dan fleksibilitas interior, seperti berkemah dan olahraga yang banyak menggunakan peralatan pendukung.

Interior Staria tersedia dalam beberapa pilihan warna yakni Black, Black and Beige two-tone, Black and Blue two-tone. Varian Premium menawarkan dua pilihan warna tambahan, yakni Gray and Brown two-tone dan Gray and Light Gray two-tone.

Mesin

Bergeser ke spesifikasi mesin, Hyundai Staria menawarkan beberapa opsi powertrain dari mesin diesel VGT 2.2 liter dan mesin bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII.

Mesin diesel yang diperbarui dan digabungkan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi otomatis delapan-percepatan, menghasilkan output tenaga dengan estimasi sebesar 177 PS dan torsi 44 kgf-m. Memiliki air-cooled turbocharger dengan efisiensi yang tinggi juga didukung oleh kompresor dan performa turbine wheel yang ditingkatkan untuk performa torsi kecepatan rendah yang lebih baik.

Mesin bensin G6DIII 3,5-L MPI dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan-percepatan, sehingga menghasilkan estimasi output tenaga sebesar 272 PS dan torsi 33,8 kgf-m. Sistem manajemen termal yang terintegrasi memberikan peningkatan efisiensi bahan bakar dengan mengoptimalkan kontrol suhu cairan pendingin sesuai dengan kondisi pengoperasian kendaraan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Lengkap Semua Varian Hyundai New Santa Fe

Lengan roller swing yang terintegrasi dapat membantu peningkatan efisiensi bahan bakar lebih jauh dengan mengurangi gesekan.

Hyundai mengklaim mereka mengoptimalkan setiap opsi powertrain agar dapat mengurangi kebisingan, getaran yang rendah, dan NVH yang juga rendah, serta sensasi perpindahan gigi yang lebih baik untuk performa torsi tinggi dan akselerasi yang semakin ditingkatkan.

Hal ini juga mengoptimalkan direct valve control body untuk peningkatan efisiensi hidrolik, oil pump untuk efisiensi bahan bakar, dan multi-plate torque converter untuk kontrol dan efisiensi bahan bakar.

Dimensi

Pemanfaatan ruang interior inovatif Staria didukung wheelbase MPV 3.273 mm dengan panjang keseluruhan 5.253 mm dan lebar 1.997 mm. Tinggi keseluruhan 1.990 mm dioptimalkan bagi para penumpang untuk masuk dan keluar kendaraan dengan nyaman, serta memastikan ketinggian yang cukup untuk anak usia sekolah pada umumnya untuk berdiri tegak dan bergerak dengan mudah di dalam mobil.

Ketersediaan ruang penyimpanan barang bervariasi tergantung pada konfigurasi dan pengaturan tempat duduk. Kendaraan dengan tipe 2-seater dan 3-seater, dioptimalkan untuk penggunaan dan keperluan bisnis, yang menawarkan ruang kargo yang maksimum dan hampir setara dengan 5.000 liter. Dimensi yang luas pada ruang kargo juga telah ditingkatkan untuk membawa tiga Euro pallet secara bersamaan.

Fitur

Staria menawarkan pilihan untuk menambahkan 6 airbags, dan semua kursi telah dilengkapi dengan sabuk pengaman three-point dan sandaran kepala. Fitur keamanan mobil ini juga didukung Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).

Tak hanya itu, Hyundai turut membenamkan beberapa fitur keamanan canggih pada Staria. Misalnya kehadiran Wireless Module Seat Belt Reminder (WM-SBR), yang merupakan sistem pengingat akan penggunaan sabuk pengaman pertama di dunia yang telah menggunakan teknologi komunikasi nirkabel.

Kemudian ada juga Safe Exit Assist (SEA) yang mencegah pintu terbuka ketika penumpang sedang mencoba membuka power sliding door namun terdapat kendaraan lain yang melaju dari sisi belakang. Fitur Rear Occupant Alert (ROA) tersedia pada pasar tertentu, yang menggunakan sensor radar untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi jika penumpang pada bagian belakang tertinggal di dalam mobil setelah pengemudi keluar dari kendaraan.

Baca juga: Tambah Lokasi, Hyundai City Store Hadir di Lippo Mal Puri

Staria juga hadir dengan sistem smart infotainment dari Hyundai dan dilengkapi dengan kamera wide-angle yang memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk melihat penumpang pada kursi belakang melalui tampilan layar. Keluarga dapat menggunakan fitur ini untuk memantau penumpang di belakang, sementara penggunaan kendaraan untuk tujuan bisnis seperti layanan ride-hailing juga akan mendapatkan keuntungan dari fitur ini.

Sistem infotainment juga memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk berkomunikasi dengan penumpang belakang menggunakan fungsi unik dari speaker yang memungkinkan semua penumpang untuk mendengar satu sama lain dengan jelas.

Sebagai catatan, spesifikasi dan fitur Hyundai Staria di atas mungkin dapat bervariasi/berbeda di tiap negara/wilayah.


Kembali ke atas