Spesifikasi MINI Cooper Paddy Hopkirk Edition yang Hanya Ada 15 Unit di India

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 11 January 2021

Spesifikasi MINI Cooper Paddy Hopkirk Edition yang Hanya Ada 15 Unit di India

momobil.id – Pasar otomotif di India belum lama ini kedatangan salah satu edisi khusus MINI John Cooper Works (JCW) GP pada awal 2021. Edisi khusus yang baru diluncurkan untuk pasar India ini bernama MINI Cooper Paddy Hopkirk Edition.

Seperti dilansir GridOto, nama tersebut terinspirasi dari Patrick Barron Hopkirk atau dikenal Paddy Hopkirk yang memenangkan Reli Monte Carlo pada 1964. Bahkan agar terlihat eksklusif, mobil yang memiliki basis dari Cooper S ini diberi tanda tangan langsung oleh Hopkirk.

Pria asal Irlandia itu menyematkan tanda tangan pada door sills, panel dasbor penumpang, serta pintu bagasi. Selain tanda tangan, pada kap mesin juga terdapat kode ’33 EJB’, pelat nomor kebanggaan Hopkirk saat memenangi kejuaraan Reli Monte Carlo.

Namun kalau dilihat sekilas, kode itu akan tersamarkan dengan balutan cat berwarna putih yang membentang di bagian kap mesin. Warna putih juga tampak mendominasi atap MINI Cooper Paddy Hopkirk Edition yang dipadukan warna merah di bagian bodinya.

Tak lupa nomor yang digunakannya pada ajang balap ’37’ juga menghiasi pintu Cooper Paddy Hopkirk Edition. Lalu pada bagian kaki-kakinya menggunakan pelek JCW 17 inci standar MINI Cooper S berwarna hitam.

Baca juga: Punya Pengisi Daya Cepat, Ini Bocoran Spesifikasi Hyundai Ioniq 5

Warna hitam juga membalut beberapa bagian lain seperti halnya kaca spion, handle pintu, gril, over fender, tutup tangki serta bezel lampu. Untuk jantung pacunya dipercayakan pada mesin 2.000 cc yang memiliki tenaga 189 dk dengan torsi 281 Nm seperti pada Cooper S pada umumnya.

Menggunakan mesin tersebut, Cooper Paddy Hopkirk Edition diklaim mampu melaju dari 0-100 km/jam dalam hitungan 6,5 detik. Di India, Cooper Paddy Hopkirk Edition hanya tersedia dalam jumlah 15 unit dengan harga 2,725 juta rupee atau setara Rp519 jutaan (kurs 1 rupee = 190,55 pada 10 Januari 2020). Namun hingga saat ini masih belum ada kabar apakah MINI Cooper Paddy Hopkirk Edition akan dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Sumber gambar: Motor1.com


Kembali ke atas