Spesifikasi Mitsubishi Xpander HEV, Gunakan Teknologi e-motion

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 1 February 2024

Spesifikasi Mitsubishi Xpander HEV, Gunakan Teknologi e-motion

momobil.id – Mitsubishi resmi memperkenalkan Mitsubishi Xpander HEV dan Xpander Cross HEV. Peluncuran L-MPV hibrida Mitsubishi ini dilakukan secara World Premiere dan disiarkan langsung lewat akun Youtube Mitsubishi Motors Thailand. Bagaimana spesifikasi dari Mitsubishi Xpander HEV dan Xpander Cross HEV?

Perbedaan Xpander HEV dan Xpander Cross HEV dengan Versi Standar

Secara tampilan, Xpander HEV dan Xpander Cross HEV mengadopsi desain yang serupa dengan mesin bensin konvensional. Mobil ini masih menggunakan bahasa desain Dynamic Shield khas Mitsubishi, dengan styling yang lebih gagah untuk Xpander Cross.

Perbedaan yang paling mencolok pada bagian eksterior terletak pada emblem HEV di bagian grille, pintu depan, dan pintu bagasi. Selain itu, kedua mobil ini juga hadir dengan lis berwarna biru pada bagian velg, bumper, dan side skirt.

Masuk ke bagian kabin, tuas transmisi dari Xpander HEV dan Xpander Cross HEV menggunakan desain baru menyesuaikan dengan teknologi hybrid yang diusung. Setir dan panel instrumen juga turut berubah, kini menggunakan kepunyaan XForce.

Sementara bagian fitur dari Xpander HEV kini dilengkapi Active Yaw Control, Traction Control, Acceleration Control, dan steering wheel yang mampu menyesuaikan respon kemudi dengan kondisi jalan dan kecepatan.

Mitsubishi Xpander Cross HEV
Mitsubishi Xpander Cross HEV

Gunakan Teknologi Hybrid

Highlight penting pada peluncuran Xpander dan Xpander Cross HEV ada pada teknologi mesin yang diusung. L-MPV dan L-SUV 7-seater ini menggunakan sistem hybrid baru buatan Mitsubishi yang dinamai e-motion.

Dilihat dari spesifikasi teknisnya, sistem hybrid dari Mitsubishi Xpander HEV mengandalkan mesin 1.600 cc 4 silinder MIVEC Atkinson-Cycle, baterai pada bagian kolong jok depan, motor listrik, dan transmisi e-CVT. Mesin 1.600 cc MIVEC mampu menghasilkan tenaga sebesar 95 PS dan torsi 134 Nm. Sementara motor elektrik yang digendong berdaya 116 PS dan torsi 255 Nm.

Baca Juga: Ini Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross dan Xpander Ultimate

Konfigurasi mesin yang digunakan oleh Xpander HEV membuat mobil memiliki kemampuan melaju dalam berbagai situasi, seperti full EV, hybrid series, hybrid parallel, hingga regenerative. Perpindahan gaya berkendara diatur secara otomatis oleh sistem hybridnya. Mobil L-MPV dan L-SUV ini juga mampu beroperasi dengan EV Mode di kecepatan rendah. Sementara mesin dan motor elektrik dapat bekerja ketika akselerasi, kecepatan tinggi, dan saat menanjak.

Gabungan mesin Atkinson Cycle dan motor elektrik diklaim membuat Xpander HEV melesat 0-100 km/jam dalam waktu 9,7 detik. Mitsubishi juga mengklaim bahwa konsumsi BBM Xpander HEV turun 10% dibandingkan versi bensin, atau 34% di dalam kota dengan angka hingga 19,2 km/liter.

Xpander HEV dan Xpander Cross HEV mendapatkan fitur tambahan berupa 7 mode berkendara yang terdiri dari 5 Terrain dan 2 EV Mode. Mode berkendara Terrain diantaranya Normal, Wet, Gravel, Tarmac, dan Mud. Sementara 2 EV Mode berupa EV-Priority dan Charge.

Harga

Soal harga, Xpander HEV dijual dengan harga 912.000 baht atau setara dengan Rp405 jutaan. Sementara Xpander Cross HEV dibanderol 946.000 baht atau Rp443 jutaan. Harga tersebut sama dengan Xpander versi bensin yang dijual di Thailand.

Sumber gambar: mitsubishi-motors.co.th

mobil terkait

Rp 440.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 259.000.000

Individu

BOGOR

Rp 235.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 228.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 241.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 170.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas