Spesifikasi Perodua Axia E, Kembaran Ayla-Agya Rp70 Jutaan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 11 July 2023

Spesifikasi Perodua Axia E, Kembaran Ayla-Agya Rp70 Jutaan

momobil.id – Perusahaan otomotif asal Malaysia, Perodua kembali merilis mobil murah. Setelah memperkenalkan generasi kedua dari Perodua Axia pada Februari lalu, kini Perodua kembali meluncurkan generasi pertama dari Axia. Dinamakan Perodua Axia E, mobil ini merupakan versi termurah dengan fitur terbatas. Berikut spesifikasi dari Perodua Axia E!

Eksterior Perodua Axia E

Perodua Axia E yang baru diluncurkan menggunakan basis yang sama dengan model tahun 2017. Mobil ini memiliki sertifikasi peringkat ASEAN NCAP bintang empat. Secara tampilan, Perodua Axia E tampak sederhana dengan lampu utama halogen besar yang menyatu dengan gril, serta penggunaan velg kaleng berukuran 14 inci yang dibalut ban 175/65 R14.

Axia E juga mendapatkan tambahan pilihan warna baru. Sebelumnya, Perodua Axia E tersedia dalam pilihan warna Glittering Silver dan Ivory White. Kini terdapat pilihan warna baru Granite Grey.

Dilihat dari dimensinya, Perodua Axia E memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.620 mm, tinggi 1.510 mm, dan jarak sumbu roda 2.455 mm. Ukuran tersebut tentunya lebih ringkas dibandingkan dengan generasi kedua Perodua Axia atau Daihatsu Ayla.

Fitur yang Ditawarkan

Ditawarkan dengan harga murah, Perodua Axia E dibekali dengan fitur yang cukup terbatas. Fitur yang diusung antara lain pengaturan spion yang masih manual, setir dari polyurethane, lampu projektor, jok berbahan fabric, power window, AC manual, dua buah airbag, ISOFIX, driver seatbelt reminder, dan speedometer analog.

Seperti tipe E sebelumnya, mobil ini tidak disediakan head unit, speaker, central lock, remote lock, Vehicle Stability Control, traction control, dan sistem pengereman ABS+ EBD.

Meskipun memiliki fitur yang terbatas, Perodua memberikan tambahan aksesoris bagi konsumen Axia E. Terdapat paket aksesoris “Utility Package” yang meliputi talang air, coil mat, dan lugage tray. Perodua juga menyediakan opsi Gear Up yang meliputi cover jok kulit pada bagian depan dan belakang.

Baca Juga: Komparasi Mobil LCGC, Daihatsu Ayla vs Toyota Agya

Spesifikasi Mesin Perodua Axia E

Pada bagian jantung pacunya, Perodua Axia E ditenagai dengan mesin 3 silinder 1KR-VE DOHC berkapasitas 998 cc, 12 katup, dengan Electronic Fuel Injection VVT-i. Mesin bensin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 hp pada 6.000 RPM dan torsi maksimal 91 Nm pada 4.400 RPM.

Perodua Axia E menggunakan penggerak roda depan dengan transmisi manual 5-percepatan. Kombinasi mesin bensin 1,0 liter dan transmisi manual membuat angka konsumsi bahan bakar lebih irit mencapai 22,5 km/liter (ECE Mode).

Harga Perodua Axia E

Sejak peluncurannya pada 15 Juni 2023 lalu, Perodua Axia disambut baik oleh masyarakat Malaysia. Mobil ini ditargetkan sebanyak 1.500 unit per bulan.

Perodua Axia E ditujukan untuk konsumen retail maupun fleet atau perusahaan. Oleh karena itu, mobil hatchback kompak ini dijual dengan harga yang sangat murah. Axia E dibanderol dengan harga RM 22.000 atau sekitar Rp71 jutaan. Dengan harga yang sangat murah, hatchback 5 pintu ini juga bisa dibeli secara kredit dengan nominal Rp900 ribu per bulan.

“Berdasarkan diskusi kami dengan lembaga keuangan lokal, kami menemukan bahwa hanya dibutuhkan RM300 per bulan untuk membayar biaya sewa untuk memiliki Axia E. Ini adalah biaya yang sama yang dibutuhkan seseorang untuk membeli sepeda motor baru dengan sewa.” ujar Dato’ Sri Zainal selaku Perodua President and Chief Executive Officer dalam siaran persnya.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas