Spesifikasi Toyota Crown Signia, SUV Berbasis Sedan Mewah

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 November 2023

Spesifikasi Toyota Crown Signia, SUV Berbasis Sedan Mewah

momobil.idToyota Motor Corporation merilis model baru dari lini keluarga Crown, yaitu Toyota Crown Signia di Amerika Serikat. Versi SUV dari Toyota Crown ini melengkapi model yang sebelumnya sudah dirilis, yaitu Crown Sedan, Crown Sport, dan Crown Crossover. Crown Signia kini hanya tersedia dalam pilihan mesin hybrid.

Di Amerika Serikat, Toyota Crown Signia ditawarkan dalam dua pilihan trim, yaitu XLE dan Limited. Ada lima pilihan warna yang bisa dipilih, diantaranya Finish Line Red, Oxygen White, Bronze Age, Black, dan Storm Cloud. Toyota belum mengumumkan harga dari SUV ini, namun pihaknya mengatakan bahwa Crown Signia akan tersedia mulai musim panas 2024 mendatang.

Tampilan Desain dari Toyota Crown Signia

Serupa dengan lini model Crown Lainnya, Crown Signia dibangun dari platform Toyota Global New Architecture (TNGA) GA-K. Crown Signia memiliki bahasa desain yang serupa dengan model baru Toyota, yaitu “Hammerhead Design“. Detail dari SUV baru Toyota ini cukup unik, mulai dari lampu DRL yang pipih, grill yang bermotif dan tertutup, serta lampu utama yang disematkan pada bagian sudut bumper.

Beralih ke bagian samping, Crown Signia terlihat sebagai sebuah SUV dengan bentuk wagon. Untuk varian XLE, mobil ini disematkan velg berukuran 19 inci multi-spoke beraksen hitam. Sementara varian Limited dibekali dengan velg lebih besar berukuran 21 inci dengan warna metalik abu-abu gelap.

Sementara bagian belakang dari Crown Signia hadir dengan lampu belakang pipih yang memanjang. Seperti kebanyakan mobil SUV, Crown Signia hadir dengan aksen berwarna hitam pada bagian bawah bodi.

Tampilan Belakang Toyota Crown Signia

Baca Juga: Toyota Perkenalkan All New Crown Sedan, Ada Varian FCEV

Interior dan Fitur yang Ditawarkan

Masuk ke bagian interior, konsumen disapa interior mewah dengan desain yang modern. Ruang kabin dari Crown Signia juga tergolong luas. Kursi bagian belakang dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40. Mobil ini juga menyediakan ruang kargo yang luas dan dapat diakses melalui power liftgate hands-free.

Dashboard dari Crown Signia didominasi oleh dua buah layar berukuran 12,3 inci yang berfungsi sebagai gauge cluster dan infotainment display. Layar sudah mendukung koneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Selain itu, disematkan juga 3 buah USB port pada bagian depan dan 2 buah pada bagian belakang.

Untuk trim XLE, interior dilengkapi dengan kombinasi fabric dan vinyl pada bagian jok, kursi depan dengan pengaturan elektrik dan pemanas, pengisi daya nirkabel, keyless entry and start, climate control dual zone, dan sistem audio 6 speaker.

Sementara varian Limited hadir dengan kabin yang dilapisi material kulit, kursi depan dengan ventilasi, sistem audio JBL dengan 11 buah speaker, kursi belakang dengan pemanas, Toyota Digital Key, kaca spion digital, dan panoramic roof.

Untuk fitur keselamatan, Crown Signia hadir dengan delapan airbag dan Toyota Safety Sense 3.0 sebagai kelengkapan standar. Adapun paket fitur pada TSS 3.0 meliputi autonomous emergency braking, lane departure alert with steering assist, adaptive cruise control, lane tracing assist, road sign assist, automatic high beam, Proactive Driving Assist, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, dan safe exit assist.

Khusus tipe Limited, Crown Signia menawarkan paket teknologi yang lebih canggih lewat fitur seperti traffic jam assist, panoramic view monitor, lane change assist, dan front cross traffic alert.

Interior Toyota Crown Signia
Interior Toyota Crown Signia

Sektor Performa

Toyota Crown Signia SUV mengandalkan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.500 cc dengan dua motor listrik. Mesin hybrid tersebut mampu menghasilkan tenaga gabungan sebesar 243 hp. Tenaga disalurkan ke empat roda (all-wheel drive) lewat transmisi e-CVT Toyota. Mesin tersebut diklaim memiliki konsumsi bahan bakar hingga 15,3 km/liter.

Crown Signia memiliki sistem penggerak empat roda yang cukup pintar. Motor listrik dipasangkan ke bagian belakang dan memberikan tenaga pada roda belakang saat dibutuhkan. Sistem AWD memberikan 80% daya ke roda belakang, serta membatasi selip pada roda depan dan mengurangi understeer.

Terdapat sejumlah mode berkendara yang dapat dipilih oleh pengemudi, yaitu Normal, Eco, Sport, dan EV. Mode Eco memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan jangkauan baterai, sementara Sport meningkatkan respon throttle. Pada Mode EV, Crown Signia mampu melaju dengan mengandalkan tenaga motor listrik pada kecepatan rendah.

Sumber gambar: Toyota

mobil terkait

Rp 173.990.000

Individu

BANDUNG

Rp 173.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 171.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 180.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 176.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 145.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas