Spesifikasi Toyota GR Yaris Facelift 2024, Ada Varian Matic!

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 January 2024

Spesifikasi Toyota GR Yaris Facelift 2024, Ada Varian Matic!

momobil.id – Toyota Motor Corporation resmi meluncurkan Toyota GR Yaris facelift di Tokyo Auto Salon 2024. Hot hatch yang pertama kali diluncurkan pada tahu 2020 tersebut kini diberikan penyegaran, baik pada sisi eksterior, interior, maupun bagian mesin. Menariknya, kini GR Yaris tersedia dalam pilihan transmisi otomatis.

Ubahan Eksterior dan Interior

Toyota GR Yaris

GR Yaris facelift mengalami ubahan pada bagian eksterior serta interiornya. Pada bagian eksterior, ubahan terlihat pada penggunaan bumper depan yang menggunakan aksen hitam dengan desain intake baru. Bagian samping dari GR Yaris tidak mengalami ubahan yang signifikan dan masih menggunakan velg yang sama dengan model sebelumnya. Sementara ubahan bagian belakang terletak pada lampu belakang LED bar yang menyambug pada bagian kanan dan kiri, serta hilangnya logo Toyota yang sebelumnya terpasang pada pintu bagasi.

Interior dari Toyota GR Yaris facelift mengalami ubahan pada bagian dashboard. Dashboard kini dibuat lebih driver oriented, dengan ventilasi AC berbentuk turbin. Bagian head unit kini menggunakan model tanam, bukan floating seperti model sebelumnya. GR Yaris facelift kini ditanamkan panel instrumen digital berukuran 12,3 inci yang juga digunakan oleh GR Corolla. Bagian lingkar kemudi dari GR Yaris masih menggunakan desain yang sama dengan varian sebelum facelift.

Dashboard Toyota GR Yaris
Dashboard Toyota GR Yaris

Baca Juga: GR Corolla, Hot Hatchback Sangar dari Toyota

Sektor Performa GR Yaris 2024

Beralih ke bagian performa, GR Yaris dibekali dengan mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1,6 liter turbocharged yang telah dimodifikasi. Toyota mningkatkan tekanan injeksi langsung, memasang piston yang lebih ringan, serta memasang dan menambahkan sensor tekanan udara.

Dengan modifikasi pada mesinnya, GR Yaris facelift kini memiliki tenaga sebesar 300 hp pada 6.500 RPM dan torsi 400 Nm pada 3.250-4.600 RPM. Tenaga tersebut tentunya lebih besar jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, yakni 268 hp dengan torsi 370 Nm.

Salah satu ubahan pada GR Yaris facelift ada bagian transmisinya. Jika model sebelumnya hanya tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan, kini GR Yaris facelift tersedia juga dalam pilihan bertransmisi otomatis. Transmisi otomatis yang digunakan merupakan unit kopling tunggal Direct Automatic Transmission 8-speed dengan paddle shifter. Varian bertransmisi otomatis memiliki bobot yang lebih berat 18 kg, meskipun demikian model ini diklaim dapat membuat mobil lebih cepat melesat.

Untuk memberikan pengendalian dan rigiditas mobil, Toyota melakukan beberapa ubahan pada bagian bodi. Jumlah baut yang mengencangkan bodi ke shock absorber ditingkatkan. Selain itu, Toyota juga meningkatkan jumlah spot welding sekitar 13% serta memperluas area penerapan structural adhesive sekitar 24%.

Sumber gambar: Toyota

mobil terkait

Rp 112.000.000

Individu

JEMBER

Rp 155.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 105.000.000

Individu

JEMBER

Rp 170.000.000

Individu

JEMBER

Rp 239.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 116.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas