Spion Elektrik Mobil Kamu Macet? Mungkin Ini Penyebabnya

Ditulis oleh : admin

05 Aug 2019

momobil.id - Mobil-mobil dengan banderol harga menengah ke atas pada umumnya sudah dilengkapi fitur spion elektrik atau lebih sering disebut retractable mirror. Bagi pemilik mobil dengan spion seperti ini, ada beberapa di antaranya yang pernah mengalami spion elektrik tiba-tiba macet atau tidak berfungsi.

Salah satu penyebab spion elektrik menjadi macet atau tidak berfungsi adalah kebiasaan melipat atau membuka kaca spion secara manual, walaupun sudah ada tombol untuk membuka dan melipat secara otomatis.

Kebiasaan ini cenderung memiliki efek buruk, karena motor penggerak dalam kaca spion berpotensi cepat rusak. Ketika motor penggerak rusak, otomatis kaca spion elektrik tidak akan mampu berfungsi optimal ketika akan dilipat atau dibuka menggunakan tombol.

"Ini harus dibuka atau dilipatsecara otomatis menggunakan tombol. Jika sesekali dibuka atau ditutup secara manual itu tidak masalah. Tetapi jangan terlalu sering, karena efeknya sangat buruk," kata ungkap Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan.

Jika sudah rusak atau macet, kata Suparna, tidak disarankan untuk memperbaikinya karena akan rusak lagi. Jika menemui masalah pada kaca spion, ada baiknya segera dibawa ke bengkel resmi untuk segera ditangani secara tepat oleh teknisi.

"Normalnya, usia kaca spion cukup lama, bisa lebih dari lima tahun. Asalkan kaca spion tidak dibuka atau ditutup secara manual", kata Suparna.

Baca Juga: Ciri-ciri filter kabin mobil sudah kotor

Suparna menyarankan kepada pemilik mobil dengan spion jenis retract atau retracted mirror agar lebih disiplin melipat dan membuka spion menggunakan tombol. Tujuannya tentu untuk menjaga motor penggerak spion bisa bekerja secara maksimal.(STD)

Sumber gambar: Driving Test

  • Featured Article

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

SURABAYA

2014
Manual

180 juta

PEKANBARU

2014
Otomatis

107 juta

PEKANBARU

2016
Manual

95 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More