Spion Elektrik Mobil Kamu Macet? Mungkin Ini Penyebabnya

Ditulis oleh : admin | 5 August 2019

Spion Elektrik Mobil Kamu Macet? Mungkin Ini Penyebabnya

momobil.id – Mobil-mobil dengan banderol harga menengah ke atas pada umumnya sudah dilengkapi fitur spion elektrik atau lebih sering disebut retractable mirror. Bagi pemilik mobil dengan spion seperti ini, ada beberapa di antaranya yang pernah mengalami spion elektrik tiba-tiba macet atau tidak berfungsi.

Salah satu penyebab spion elektrik menjadi macet atau tidak berfungsi adalah kebiasaan melipat atau membuka kaca spion secara manual, walaupun sudah ada tombol untuk membuka dan melipat secara otomatis.

Kebiasaan ini cenderung memiliki efek buruk, karena motor penggerak dalam kaca spion berpotensi cepat rusak. Ketika motor penggerak rusak, otomatis kaca spion elektrik tidak akan mampu berfungsi optimal ketika akan dilipat atau dibuka menggunakan tombol.

“Ini harus dibuka atau dilipatsecara otomatis menggunakan tombol. Jika sesekali dibuka atau ditutup secara manual itu tidak masalah. Tetapi jangan terlalu sering, karena efeknya sangat buruk,” kata ungkap Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan.

Jika sudah rusak atau macet, kata Suparna, tidak disarankan untuk memperbaikinya karena akan rusak lagi. Jika menemui masalah pada kaca spion, ada baiknya segera dibawa ke bengkel resmi untuk segera ditangani secara tepat oleh teknisi.

“Normalnya, usia kaca spion cukup lama, bisa lebih dari lima tahun. Asalkan kaca spion tidak dibuka atau ditutup secara manual”, kata Suparna.

Baca Juga: Ciri-ciri filter kabin mobil sudah kotor

Suparna menyarankan kepada pemilik mobil dengan spion jenis retract atau retracted mirror agar lebih disiplin melipat dan membuka spion menggunakan tombol. Tujuannya tentu untuk menjaga motor penggerak spion bisa bekerja secara maksimal.(STD)

Sumber gambar: Driving Test


Kembali ke atas