Sudah Lakoni Uji Tabrak, Ini Lima Mobil Teraman di Indonesia

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 February 2021

Sudah Lakoni Uji Tabrak, Ini Lima Mobil Teraman di Indonesia

momobil.id – Selain pertimbangan model dan harga, faktor keamanan juga menjadi perhatian ketika hendak membeli mobil. Dari sekian banyak model mobil di Indonesia, mana yang menyandang predikat sebagai mobil teraman?

Selain bisa dengan melihat ragam fitur keselamatan aktif maupun pasif, beberapa mobil biasanya sudah melakoni uji tabrak. Hasilnya akan berupa skor dan rating, mulai dari nol sampai 5 bintang.

Nah, dari ragam mobil yang dijual di Indonesia, rupanya beberapa model mengantongi skor tinggi dan mendapat rating 5 bintang, berdasarkan pengujian ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries).
Sebagai rujukan, berikut ini 5 mobil teraman di Indonesia, yang uji tabraknya dilakukan pada 2020 seperti dilansir kumparan.

Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross

Posisi puncak dihuni oleh Toyota Corolla Cross yang memiliki skor 88,61 dari 100 rating 5 bintang berdasarkan materi publikasi uji tes tabrak ASEAN NCAP Oktober 2020 lalu.

Angka tersebut merupakan poin gabungan dari beberapa pengujian, misalnya tabrak depan, samping, maupun sebagian, hingga akhirnya mendapat nilai hampir sempurna. Di Indonesia, Toyota Corolla Cross terbagi atas varian bensin biasa dan Hybrid.

Sebagai standar kelengkapan standar, fitur keselamatannya berupa rem Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist, Hill Start Assist, 7 airbags, dan Emergency Brake Signal. Toyota Corolla Cross dibanderol mulai dari Rp460,610 juta dan Rp510,580 juta buat varian hybrid.

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner facelift
Toyota Fortuner facelift

Masih dari Toyota, mobil dengan sistem keselamatan terbaik adalah Toyota Fortuner dengan skor 87,46, dan berhasil menyabet 5 bintang ASEAN NCAP.

Pengujiannya pakai unit Toyota Hilux dengan struktur rangka serupa, untuk merepresentasikan model facelift terbaru yang meluncur 2020 lalu. Model tersebut bisa mendapat nilai terbaik karena punya fitur keselamatan berupa 7 airbags, ragam sistem keselamatan aktif, juga struktur rangka yang melindungi penumpang dari tabrakan samping.

Sayangnya semua kelengkapan tadi hanya tersedia pada varian Fortuner 4×4 baik tipe VRZ dan G, sisanya sebagai standar dipasangkan 3 airbag. Harga Toyota Fortuner terbaru per Februari 2021 mulai dari Rp509,9 sampai Rp709,5 juta.

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power
Nissan Kicks e-Power

Mobil lain yang memiliki fitur keselamatan lengkap adalah Nissan Kicks e-Power. Selain mendapat bintang lima, juga memiliki skor 86,93 dari 100.

Bicara fitur safety, Kics e-Power dilengkapi dengan 6 SRS airbags, rem ABS, EBD, BA, kontrol stabilitas yang mencegah ban selip saat menikung, dan Vehicle Dynamic Control. Mobil hybrid tersebut diniagakan Nissan Indonesia dengan harga Rp451 juta.

Isuzu MU-X

Isuzu MU-X
Isuzu MU-X

Selanjutnya SUV Isuzu MU-X. Serupa Fortuner, pengetesannya menggunakan model Isuzu D-MAX, yang merupakan versi pikap kabin ganda dengan platform, struktur bodi, dan alat proteksi serupa. Skornya 86,81 dari 100.

Mobil ini bisa mendapat poin hampir sempurna karena memiliki beberapa fitur keselamatan aktif berupa Lane Departure Warning maupun Forward Collision Warning.

Baca juga: Lebih Gelap Kaca Film Tak Selalu Lebih Adem, Ini Sebabnya

Namun fitur safety yang tersemat pada Isuzu MU-X versi Indonesia hanya berupa dual SRS airbag, rem ABS, EBD, kontrol traksi dan stabilitas. Isuzu MU-X dipasarkan mulai dari Rp459 juta hingga Rp490 juta untuk model 4×4.

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV

Terakhir menutup lima besar ada Mitsubishi Outlander PHEV dengan skor 83,54 dari 100. Sebenarnya ada Honda City yang punya poin lebih tinggi, namun model pembaruannya belum masuk Indonesia.

Model yang diuji oleh ASEAN NCAP pada 2020 lalu merupakan versi bermesin bensin biasa, namun punya kesamaan fitur seperti versi plug-in hybrid, sehingga nilainya tak jauh berbeda. Ini karena pada Outlander PHEV dipersenjatai dengan 7 airbags dan fitur keselamatan aktif berupa:

Forward Mitigation Collision System
Blind Spot Warning
Ultrasonic Misacceleration Mitigation System
Kontrol stabilitas
Rem ABS, EBD, BA
Rear Cross Traffic Alert
Lane Change Assist
Hill Start Assist


Kembali ke atas