Supaya Cat Lebih Mengkilap, Pilih Nano Ceramic atau PPF?

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine | 14 August 2019

Supaya Cat Lebih Mengkilap, Pilih Nano Ceramic atau PPF?

momobil.id – Agar cat mobil lebih awet dan terlihat mengkilap, ada dua cara umum yang biasa dilakukan pemilik mobil untuk melindungi cat mobil kesayangannya. Cara pertama adalah melapisi body mobil dengan partikel nano ceramic, yang lebih populer dikenal dengan sebutan coating nano ceramic. Sedangkan opsi kedua adalah melapisinya dengan paint protection film (PPF).

Baik nano ceramic maupun PPF sama-sama bersifat hydrophobic, sehingga dapat melindungi cat dari kotoran yang menempel dan mudah dibersihkan. Meski memiliki fungsi yang sama, ada perbedaan antara nano ceramic dengan PPF. Menurut Rangga Pradito selaku pemilik car detailer Shine Car, cairan nano ceramic menyatu dengan cat mobil ketika diaplikasikan dan kemudian mengeras untuk membentuk lapisan pelindung. “Ini karena cairannya memiliki partikel keramik yang sangat kecil,” ujar Rangga seperti dilansir GridOto.

Perlindungan yang ditawarkan coating nano ceramic memang tidak seratus persen, namun cat mobil akan selalu terlihat mengkilap. Jika ada lapisan yang hilang, bisa diaplikasikan kembali cukup pada permukaan yang hilang saja. Nano ceramic memiliki daya tahan selama tiga tahun dan tetap membutuhkan perawatan berkala. Untuk harganya, nano ceramic biasanya dibanderol sekitar Rp2,5 juta hingga Rp6 juta, tergantung jenis mobilnya.

Sedangkan PPF, tidak menggunakan cairan melainkan film elastis yang berfungsi melindungi cat mobil. Sama seperti nano ceramic, penggunan PPF juga membuat warna cat mobil lebih mengkilap. Sedangkan untuk daya tahannya, PPF mampu bertahan hingga sepuluh tahun dan mampu seratus persen melindungi cat mobil. Namun jika ada lapisan yang sudah kusam atau terkelupas, maka harus diganti satu panel dan tidak bisa diganti hanya di bagian tertentu saja seperti mengaplikasikan nano ceramic.

Poin plus lainnya dari penggunaan PPF adalah kemampuan self healing atau kemampuan untuk memperbaiki diri sendiri. Sedangkan poin minus dari PPF adalah harganya yang jauh lebih mahal dari nano ceramic. Pemilik mobil yang ingin menggunakan PPF harus merogoh kocek sekitar Rp30 juta hingga Rp60 juta, tergantung jenis mobilnya.

Baca Juga: Ini sebabnya tak boleh tidur di mobil dalam kondisi mesin menyala

Lalu, mana yang harus dipilih, nano ceramic atau PPF? Hal tersebut tergantung kebutuhan kamu. Jika menginginkan perlindungan cat seratus persen dalam jangka waktu yang lama, penggunaan PPF bisa menjadi pilihan. Namun jika hanya berorientasi pada penampilan mobil dan menginginkan harga lebih murah, nano ceramic merupakan pilihan yang tepat.

Sumber gambar: BlackStar car wash


Kembali ke atas