Supaya Lebih Awet, Simak Tips Merawat Aki Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 13 November 2020

Supaya Lebih Awet, Simak Tips Merawat Aki Mobil

momobil.id – Semakin banyak komponen yang membutuhkan listrik, maka beban kerja aki mobil sebagai komponen penyuplai daya listrik akan bertambah. Agar tidak cepat soak dan rusak, pemilik mobil sebaiknya mengetahui beberapa tips yang bisa membuat aki mobil lebih awet.

Aki tak hanya berfungsi untuk menyalakan mesin mobil. Komponen ini berguna untuk menyuplai daya listrik pada sistem kelistrikan kendaraan. Bagi mobil-mobil masa kini yang kebanyakan sudah menggunakan sistem injeksi, peran aki lebih besar lagi karena pada sistem pengendalian bahan bakar jenis ini memerlukan suplai listrik yang berkesinambungan dan stabil untuk menjaga performa kendaraan.

Di pasaran hanya ada dua jenis aki, yaitu aki kering dan aki basah. Aki basah menggunakan cairan elektrolit yang harus dipastikan kecukupannya secara berkala. Sementara aki kering lebih praktis karena tidak menggunakan cairan elektrolit sehingga tidak terlalu banyak memerlukan perawatan. Meski demikian, keduanya perlu dirawat dengan tepat agar tidak mudah rusak. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk merawat aki mobil agar lebih awet.

Periksa secara berkala

Pastikan tidak ada karat pada terminal yang dapat berimbas pada berkurangnya tegangan aki. Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.

Rutin panaskan mobil

Memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki. Maka, meski tidak sedang akan digunakan, mobil harus tetap dipanaskan secara rutin setiap hari agar arus listrik di dalam aki terus terisi oleh alternator.

Untuk memastikan siklus pengisian ulang pada aki berlangsung dengan baik, kendaraan harus dipanaskan dengan cara dijalankan. Memanaskan mobil dalam kondisi diam dengan putaran mesin (RPM) langsam tidak akan maksimal mendorong pengisian arus listrik ke aki karena tekanan RPM kurang tinggi.

Sebetulnya, Anda bisa saja menekan pedal gas lebih dalam saat memanaskan mobil untuk mendapatkan putaran RPM yang sesuai agar proses pengisian arus listrik ke aki berjalan sempurna. Namun, jika hal ini dilakukan di dalam garasi akan menyebabkan polusi. Guna mencegah keracunan asap kendaraan, disarankan untuk memanaskan mobil dengan cara dijalankan.

Baca juga: Mobil Sulit Menyala, Aki Sudah Soak atau Hanya Kurang Setrum?

Matikan piranti elektronik sebelum mematikan mesin

Hal ini perlu dilakukan agar ketika mesin mobil kembali dinyalakan, arus listrik dari aki hanya terfokus pada starter mesin saja. Dengan demikian, performa aki akan terjaga.

Cabut kabel aki

Saat mobil tidak digunakan dalam waktu lama, yang pertama kali harus dilakukan adalah melepas kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal ini untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus yang bisa menyebabkan aki mobil soak.


Kembali ke atas