Supaya Tetap Pakem, Ini Cara Merawat Rem Mobil yang Benar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 January 2024

Supaya Tetap Pakem, Ini Cara Merawat Rem Mobil yang Benar

momobil.id – Rem mobil memiliki fungsi penting dalam mengatur laju kendaraan, serta meningkatkan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, pemilik mobil harus merawat komponen rem agar tetap optimal. Lantas, bagaimana cara merawat rem mobil yang tepat? Berikut ulasannya!

1. Membersihkan Bagian Kampas Rem dan Cakram

Cakram dan kampas rem merupakan komponen utama pada sistem rem kendaraan. Seiring dengan penggunaan, kedua komponen ini kotor akibat bergesekan langsung dengan debu dan kotoran dari jalanan. Perawatan sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan bagian kampas dan cakram rem.

Pemilik mobil disarankan untuk membersihkan dan mengecek bagian kampas dan cakram secara rutin, terlebih jika mobil sering melewati jalanan yang berdebu atau genangan air.

2. Rutin Mengecek Kualitas dan Mengganti Minyak Rem

Minyak rem berfungsi melumasi komponen kampas dan cakram rem mobil. Selain itu, minyak rem juga mengurangi panas yang dihasilkan akibat gesekan antara cakram dan kampas rem. Oleh karena itu, penting untuk rutin mengecek kualitas dan mengganti minyak rem agar sistem pengereman bekerja dengan optimal.

Penggantian minyak rem idealnya dilakukan setiap 20.000 km, sementara pengurasan setiap 40.000 km. Saat mengganti minyak rem, gunakan minyak rem sesuai dengan standar pabrikan, serta spesifikasi dan karakteristik mobil.

3. Periksa Kondisi Piringan Cakram Rem

Cara merawat rem mobil selanjutnya adalah memeriksa kondisi piringan cakram. Piringan rem akan menipis dan kerap menimbulkan bunyi berdecit seiring dengan penggunaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengamplas atau membubut piringan rem agar permukaannya tetap rata. Apabila piringan rem sudah tipis, ada baiknya untuk diganti baru.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengecek Ketebalan Kampas Rem Mobil

4. Cek Kondisi Kaliper Rem

Bagian rem yang menekan kampas ke mesin penggerak adalah kaliper rem. Meskipun jarang mengalami kerusakan, komponen ini juga wajib untuk dilakukan pemeriksaan secara berkala. Kaliper rem yang bermasalah berdampak pada proses pengereman yang tersendat.

5. Menghindari Pengereman Kasar

Salah satu perawatan rem yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil adalah dengan melakukan pengereman secara halus. Jika pengemudi sering melakukan pengereman secara mendadak atau kasar, kampas dan cakram rem akan lebih mudah terkikis. Oleh karena itu, ada baiknya pengemudi selalu menjaga jarak saat berkendara.

6. Cek Bagian Piston Rem

Piston pada rem berdungsi untuk menggerakan kaliper penjepit kampas rem ke piringan rem. Piston yang macet tentu sangat berbahaya karena rem akan mengunci. Oleh karena itu, lakukan pengecekan pada bagian piston rem secara berkala.

7. Lakukan Servis Secara Berkala

Langkah paling mudah untuk merawat rem mobil adalah dengan melakukan servis secara rutin. Lakukan servis di bengkel resmi dan periksa seluruh komponen mobil, khususnya sistem pengereman secara menyeluruh. Jika ada komponen yang rusak, segera ganti dengan yang baru.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas