SUV Listrik VW ID.4 Resmi Diperkenalkan, Bagaimana Spesifikasinya?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 October 2020

SUV Listrik VW ID.4 Resmi Diperkenalkan, Bagaimana Spesifikasinya?

momobil.id – Menggunakan platform modular electric drive yang dikembangkan secara khusus, VW ID.4 resmi diperkenalkan. Mobil SUV listrik ini memiliki dimensi 4.584 x 1.851 x 1.635 mm (PxLxT).

VW ID.4 menggunakan motor elektrik yang ditempatkan di bagian belakang yang mampu menghasilkan tenaga 200 Tk dan torsi 309 Nm yang disalurkan ke roda belakang. Seperti dilansir Liputan6.com, charging dapat memanfaatkan arus bolak-balik (AC) atau searah (DC). Pengisian selama 1 jam memanfaatkan charger 11 kW bawaan memberikan tenaga cukup untuk 53 km.

Bila ingin penuh dibutuhkan tujuh setengah jam menggunakan charger level 2. Sedangkan fast charging dengan daya 125 kW, hanya memerlukan 38 menit untuk mengisi dari posisi lima ke 80 persen.

Guna melindungi seluruh penumpang, ID.4 dilengkapi enam kantung udara sebagai standar. Detailnya dua di depan dan sisi baris depan, serta dua tirai melingkupi seluruh kaca samping. Perangkat standar seperti Anti-lock Braking System (ABS) and Electronic Stability Control (ESC) sudah pasti ada. Proteksi aktif tentu saja terpasang yang terbungkus teknologi asistensi pengemudi lanjutan bernama IQ.Drive.

Isinya adalah Forward Collision Warning, Autonomous Emergency Braking with Pedestrian Monitoring, Blind Spot Monitor (Side Assist), Rear Traffic Alert, Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping System, Travel Assist, Emergency Assist, Dynamic Road Sign Display, Park Distance Control dan High Beam Control.

Di bagian interior, ID.4 dibekali ID.Cockpit 5,3 inci yang menggantikan panel instrumen konvensional. Ia tak menempel di dasbor, melainkan pada hub setir. Dan dapat dikendalikan via touch button di palang kemudi terbalut kulit dengan fungsi pemanas. Tak akan ditemukan tuas pemindah gigi di konsol tengah, karena VW memindahkannya ke samping ID.Cockpit dalam bentuk kenop. Di sisi dasbor paling kiri terpampang barisan tombol fungsi lampu dan sumber semburan AC.

Infotainment mengandalkan layar Discover Pro 10 inci yang mencuat di tengah dasbor. Ia diposisikan sedikit mengarah ke pengemudi. Melaluinya dapat mengakses sistem navigasi, informasi telematic, hiburan, sistem driver-assistance dan setingan kendaraan. Konsumen bisa mendapatkan display yang lebih besar berupa Discover Pro Max 12 inci dengan memilih paket Statement. Kecanggihannya tak berhenti sampai di situ. Unit pun menerima instruksi pakai isyarat tangan dan suara. Untuk voice command, prosedurnya dibuat simpel. Cukup mengucapkan Hello ID diikuti perintah atau ungkapan ekspresif.

Baca juga: Klaim Asuransi Bisa Ditolak Jika Mobil Dijadikan Taksi Online, Ini Sebabnya

Soal fitur kenyamanan mengemudi, ID.4 bersifat serba otonom. Seperti wiper sensor hujan, spion tengah auto dimming, kontrol iklim dual zone dan akses bebas kunci fisik KESSY. Makin fungsional dan praktis karena memiliki pemanas kaca depan, lantai bagasi bisa diatur dan power tailgate.

Lantas berapa banderolnya? ID.4 dasar yakni Pro dipatok mulai dari US$39.995 atau sekitar Rp598 jutaan. Versi AWD senilai US$43.695 atau sekitar Rp654 jutaan. Ini belum termasuk tambahan paket, Statement US$4.500 (sekitar Rp 67 jutaan) dan Gradient US$1.500 (sekitar Rp 22 jutaan).

Jika ingin memiliki ID.4 lebih eksklusif, VW turut menyuguhkan 1st Edition yang terbatas jumlahnya. Harganya US$43.995 atau sekitar Rp658 jutaan.


Kembali ke atas