SUV Murah Hyundai Exter Diluncurkan, Intip Spesifikasinya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 12 July 2023

SUV Murah Hyundai Exter Diluncurkan, Intip Spesifikasinya

momobil.id – Hyundai Motors resmi meluncurkan Hyundai Exter untuk pasar India. Mobil bergaya crossover ini merupakan mobil SUV termurah Hyundai dan dihadirkan untuk konsumen pemula. Lantas, apa saja yang ditawarkan oleh SUV kompak Hyundai Exter?

Desain Eksterior

Hyundai Exter memiliki tampang yang cukup unik di kelasnya. Masuk ke dalam segmen mini crossover, Exter memiliki lekukan bodi yang cukup agresif.

Pada bagian depan, sekilas tampilan dari Exter mirip dengan Hyundai Stargazer. Terdapat panel lampu utama yang dibuat seperti terhubung dengan grafis berbentuk H. Kemudian bagian grill dibuat tegak lurus dan terhubung dengan lampu pada bagian bawah, serta emblem “Exter” pada bagian atasnya. Selain itum mobil ini juga dilengkapi lis silver pada bagian bawah bumper berwarna hitam.

Berpindah ke bagian samping, kesan SUV muncul berkat penggunaan over fender berwarna hitam doff serta penggunaan velg alloy berukuran 15 inci. Beberapa varian Exter juga dibekali warna dual tone dengan atap berwarna hitam yang menyatu dengan roof rail.

Beralih ke bagian belakang, Exter tetap mengusung bentuk yang mengotak. Terdapat panel bermotif karbon yang menghubungkan lampu belakang mobil. Sementara bagian bumper disematkan lis berwarna silver berukuran besar yang memberi kesan gagah. Mobil ini juga hadir dengan antena shark fin.

Dibangun dari rangka yang sama dengan Grand i10, Hyundai Exter memiliki dimensi yang kompak. SUV mini ini memiliki panjang 3.815 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.631 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm. Meskipun ukurannya tergolong ringkas, Hyundai Exter mampu menampung 5 orang penumpang.

Tampak Belakang Hyundai Exter
Tampak Belakang Hyundai Exter

Interior dan Fitur Hyundai Exter

Masuk ke dalam interior, Hyundai Exter tampak memiliki desain yang serupa dengan mobil kekinian. Terdapat desain head unit floating dengan kisi-kisi AC mengotak pada bagian bawahnya. Mobil ini juga menggunakan model setir palang empat khas Hyundai.

Hyundai membekali SUV entry levelnya dengan berbagai fitur. Pada bagian dashboard terdapat panel instrumen TFT MID berukuran 4,2 inci, layar hiburan berukuran 8 inci yang dapat dikoneksikan dengan Apple CarPlay dan Android Auto, wireless charger, sunroof, serta pencahayaan LED. Pada baris kedua, Hyundai Exter disematkan ventilasi AC sebagai standar.

Untuk fitur keamanan, Hyundai Exter dibekali dengan 6 buah airbags, dashcam dengan dua kamera dan alarm anti maling, Tyre Pressure Monitoring System, Hill Assist Control, sistem pengereman ABS + EBD, kamera mundur, lampu otomatis, defogger belakang, hingga Electronic Stability Control.

Interior Hyundai Exter
Interior Hyundai Exter

Baca Juga: Sederet Mobil Hyundai di PRJ 2023, Mana Pilihanmu?

Pilihan Mesin, Ada Varian CNG

Hyundai Exter dibekali dengan opsi mesin bensin dan mesin CNG. Mesin bensin yang disematkan merupakan mesin 3 silinder berkapasits 1,2 liter yang mampu menghasilkan tenaga 84 PS pada 6.000 RPM dan torsi 114 Nm pada 4.000 RPM. Tenaga disalurkan ke roda melalui pilihan transmisi AMT 5-percepatan atau manual 5-percepatan.

Sementara varian CNG memakai mesin 1,2 liter yang mampu menghasilkan tenaga lebih rendah, yaitu 69 hp dengan torsi 95,2 Nm. Mesin CNG hanya tersedia dalam varian S dan SX dan dibekali dengan transmisi manual.

Konsumsi bahan bakar dari Hyundai Exter juga tergolong irit. Mobil ini mampu mencatat angka konsumsi BBM hingga 27,1 km/liter.

Daftar Varian dan Harga Hyundai Exter

SUV Hyundai Exter tersedia dalam lima pilihan varian, yaitu E, S, SX, SX (O) dan SX (O) Connect. Mobil ini hadir dalam warna Ranger Khaki, Cosmic Dual Tone, Cosmic Blue, Khaki Dual Tone, Starry Night, Atlas White Dual Tone, Atlas White, Titan Grey, dan Fiery Red.

Berikut daftar varian dan harga dari Hyundai Exter di India.

  • Exter E = mulai dari Rs 5,99 Lakh (Rp110 jutaan)
  • Exter S = mulai dari Rs 7,26 Lakh (Rp133 jutaan)
  • Exter SX = mulai dari Rs 7,99 Lakh (Rp147 jutaan)
  • Exter SX (O) = mulai dari Rs 8,63 Lakh (Rp159 jutaan)
  • Exter SX (O) Connect = mulai dari Rs 9,31 Lakh (Rp171 jutaan)

mobil terkait

Rp 255.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

BOGOR

Rp 265.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 356.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 235.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas