Ertiga vs Avanza, Pilih Yang Mana ya?

Ditulis oleh : admin | 2 March 2017

Ertiga vs Avanza, Pilih Yang Mana ya?

Diantara mobil Suzuki Ertiga vs Toyota Aavanza mana yang Anda suka? Tidak perlu dipungkiri, persaingan antara Suzuki dan Toyota begitu ketat. Sebelum membeli Suzuki Ertiga ataupun Toyota Avanza, coba pastikan ada baiknya Anda memperhatikan beberapa perbandingan yang bisa Anda simak pada artikel ini:

ERTIGA vs AVANZA

subscribe-banner

Ukuran Mobil

Suzuki Ertiga memiliki dimensi keseluruhan panjang sekitar 4.265mm, lebar 1.695mm dan tinggi 1.685mm. Sedangkan Toyota Avanza memiliki ukuran panjang mobil sekitar 4.120mm, lebar 1.635mm dengan tinggi 1.695mm. Sehingga Anda dapat menyimpulkan dari tipe mobil Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga memiliki sebuah kesamaan, hanya berselisih 1 cm saja diantara kedua mobil tersebut. Semakin menarik untuk Suzuki Ertiga dalam menyaingi mobil Toyota Avanza melalui modal ukuran mobil yang lebih panjang dan sedikit lebar dari pesaingnya.

Fitur Mobil

Fitur pada mobil Suzuki Ertiga lebih mewah dibandingkan dengan pesaingnya. Misalnya saja pada Dashboard mobil, system audio yang didesain menawan dan mampu dikontrol oleh kemudi. Dengan jumlah harga yang sama dari Avanza tipe G Anda dapat menikmati apa yang ada pada fitur tipe Avanza Veloz. Mobil tersebut memiliki harga yang jauh lebih mahal dari pesaingnya. Jadi bila Anda merasa bosan dengan tipe dashboard Avanza yang terkesan monoton atau biasa saja. Anda dapat mempertimbangkannya kembali.

Baca Juga : Penting! 5 Alasan Kenapa Proses Kredit Mobil Anda Ditolak

Berat Mobil

Bicara mengenai sebuah performa mobil dan kehematan pada bahan bakar tidak selalu identik pada mesin. Berat mobil juga dapat mempengaruhi hal tersebut. Pada Suzuki Ertiga dengan desain yang baru memiliki plat bodi yang lebih tebal jika dibandingkan dengan Toyota Avanza. Tipe GA yang paling standar dari Suzuki Ertiga memiliki bobot 1.160kg, untuk tipe yang paling terbaru adalah GX yang memiliki berat mobil sekitar 20kg lebih berat. Berbeda dengan tipe Toyota Avanza, mobil ini memiliki bodi yang ringan hanya 1.45kg atau 100kg lebih ringan dari pada Suzuki Ertiga. Dengan plat bodi yang lebih tebal dan Side Impact Beam berada di setiap sisi pintu yang berfungsi untuk menambah rasa aman saat mengendarai mobil Suzuki Ertiga.

Kenyamanan Mobil

Kenyamanan pada mobil Suzuki Ertiga tidak perlu diragukan pastinya. Dengan penggunaan basis tipe Suzuki Swift yang dimana pada sasis monokok dari penggerak roda depan. Suzuki Ertiga sangat nyaman untuk melewati medan yang berlubang dan bergelombang. Juga dari tipe bodi yang tebal ikut menentukan tingkat peredaman kabin atau penumpang. Berbeda dengan tipe pesaingnya–Toyota Avanza–yang dimana pada sasis Ladder frame yang tidak senyaman sasis monokok.

Ketangguhan Ertiga VS Avanza

Tipe sasis dan jenis penggerak mobil tentu menentukan sebuah ketangguhan pada setiap mobil dalam menghadapi medan perjalanan. Pada mobil Toyota Avanza lebih baik untuk uji ketangguhannya sebab memiliki sasis ladder frame dan penggerak roda belakang yang berguna untuk mendukung mobil dalam medan tanjakan. Sedangkan dengan tipe sasis monokok yang dimiliki mobil Suzuki Ertiga lebih cocok untuk penggunaan di kota dan penggerak roda depan mendukung sebuah akselerasi, tidak perlu memerlukan gardan kembali untuk mendorong roda belakang, sehingga bahan bakar yang dibutuhkan pun untuk menggerakkan mobil lebih efisien tidak terlalu boros.

Mesin Mobil Suzuki Ertiga VS Avanza

Dari sisi mesin, mobil Suzuki Ertiga memiliki mesin 1.400cc, dengan 4 silinder segaris yang sudah lengkap dengan Multi Point Injection. Sehingga bisa memberikan tenaga sampai 95 PS pada 6.000rpm. Sedangkan pada Avanza memiliki 2 pilihan mesin antara 1.300cc & 1.500cc yang telah terbagi ke berbagai tipe mobil Toyota lainnya. Mesin mobil Avanza yaitu 1.300cc memiliki tenanga sebesar 92 PS pada 6.000rpm. Hanya selisih 3 HP (Horse Power), dari mesin mobil Suzuki yang terdapat perbedaan di 100 cc. Mungkin saja hal ini dikarenakan Avanza mempunyaii teknologi Variable Valve Timing-intelegent atau VVT-i yang dapat mengatur buka tutup katup secara elektronik untuk sebuah pembakaran maksimal pada mesin. Sedangkan tipe mesin 1.500cc dari Toyota Avanza mempunyai daya mencapai 109 HP (Horse Power), dimana sangat baik untuk melalui sebuah medan yang menanjak.

Dari poin-poin tersebut Anda dapat melihat sebuah perbandingan yang menarik, diantaranya dengan ketangguhan pada masing-masing mobil. Dan juga dalam memilih mobil Ertiga vs Avanza kembali lagi kepada kebutuhan pribadi atau selera favorit mobil yang Anda suka. Jika ingin membeli mobil bekas Suzuki Ertiga atau Toyota Avanza mungkin Anda juga dapat mempertimbangkan kembali ataupun dapat melihat info lebih lengkap di Momobil. Tempatnya kredit mobil bekas terbaik!

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 111.000.000

Individu

JEMBER

Rp 151.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 110.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN


Kembali ke atas