Suzuki Hentikan Sementara Penjualan Jimny di Eropa, Apa Alasannya?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 January 2020

Suzuki Hentikan Sementara Penjualan Jimny di Eropa, Apa Alasannya?

momobil.id – Suzuki Jimny sedang mengalami masalah yang cukup besar. Di saat membludaknya inden di seluruh dunia, kali ini penjualan Suzuki Jimny di Eropa harus dihentikan untuk sementara. Jaringan dealer di Eropa diberi mandat oleh Suzuki untuk memberhentikan pesanan baru. Dihentikannya penjualan Suzuki Jimny dikarenakan tidak memenuhi persyaratan emisi ketat yang berlaku mulai tahun 2021.

Dalam rangka mengurangi emisi gas buang, Eropa menetapkan peraturan yang sangat ketat bagi pabrikan mobil. Setiap pabrikan mobil boleh membuat produknya dengan emisi CO2 maksimum sebesar 95 g/km. Peraturan ini akan mulai berlaku tahun depan, namun akan diberlakukan secara bertahap mulai dari tahun ini. Banyak produsen mobil yang mulai beradaptasi agar produknya dapat memenuhi syarat regulasi.

Dalam menanggapi hal ini, Suzuki sebenarnya sudah mulai beradaptasi dengan regulasi ini. Suzuki sudah memberhentikan produksi mobil diesel pada 2018 silam dan merilis varian mild hybrid dari Ignis dan Swift. Untuk tahun ini, Suzuki sedang menyiapkan Vitara Hybrid untuk dirilis.

Baca Juga : Berita Otomotif SUV Keluaran 2019 di Indonesia

Berbeda dengan sebagian produk Suzuki, Jimny belum memenuhi syarat dari peraturan yang ditetapkan. Suzuki Jimny di Eropa memiliki mesin K15B berkapasitas 1.500cc dan tersedia dengan transmisi otomatis dan manual. Emisi CO2 yang dikeluarkan oleh Jimny transmisi otomatis lebih besar yaitu 170 g/km dibanding versi manual sebesar 154 g/km. Hal ini tentunya melebihi dari angka dalam peraturan, terlebih Jimny tidak memiliki pilihan versi hybrid.

Meskipun demikian, Suzuki berencana akan merilis ulang Jimny di Eropa dengan sedikit perubahan pada tahun 2021. Salah satu cara yang akan digunakan adalah dengan mengubah status kategori mobil. Jimny tidak akan berstatus mobil penumpang lagi, melainkan N1 Commercial Vehicle.

Mobil dengan kategori komersial tentunya bebas dari peraturan standar emisi ini. Dengan adanya perubahan kategori, Suzuki akan menanggalkan bangku belakang pada Jimny, dan memberi penyesuaian terhadap interiornya. Di sisi lain, mesin yang ditawarkan Jimny di Eropa tetap sama, yaitu mesin K15B berkapasitas 1.500cc.



Kembali ke atas