Suzuki Jimny Generasi Keempat Sudah Setahun Mengaspal di Indonesia, Segini Harganya Sekarang

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 12 November 2020

Suzuki Jimny Generasi Keempat Sudah Setahun Mengaspal di Indonesia, Segini Harganya Sekarang

momobil.id – Pada awal peluncurannya di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, harga Suzuki Jimny dibanderol mulai dari Rp315,5 juta hingga Rp330 juta. Namun seiring berjalannya waktu dan membludaknya permintaan, harga mobil SUV ini sudah merangkak naik.

Pada November 2020 ini misalnya, harga resmi Suzuki Jimny yang dipasarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah menyentuh angka Rp382,5 juta untuk varian terendah. Sedangkan varian tertingginya kini berbanderol Rp398 juta.

Meningkatnya harga Suzuki Jimny cukup beralasan lantaran stok mobil off road ringan ini di Indonesia sangat terbatas, sedangkan permintaannya sangat tinggi. Suzuki Jimny diimpor langsung dari Jepang dan hanya akan mampir ke Indonesia sebanyak 20 unit per bulannya. Karena itu, banyak pemesan harus rela menunggu agar dapat memiliki Jimny.

Suzuki Jimny
Suzuki Jimny

Sebagai kendaraan yang telah menjadi andalan para pecinta off road sejak tahun 1979, Suzuki Jimny generasi keempat masih menawarkan keunggulan yang menunjang performa berkendara, plus fitur-fitur baru yang menambah kenyamanan pengemudi. Dari sisi dimensi, Jimny memiliki panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm. Dimensi tersebut membuat Jimny terlihat compact, kokoh, dan gesit untuk melintasi berbagai kontur jalan.

Manuver Jimny semakin lincah melalui pengaturan tiga sudut yakni approach angle sebesar 37 derajat, ramp breakover sebesar 28 derajat, dan departure angle sebesar 49 derajat di bagian roda yang menentukan tingkat kecuraman medan yang bisa dilalui tanpa mengenai bumper atau under body.

Bergeser ke bagian dapur pacu, Jimny generasi keempat menggendong mesin K15B dengan kapasitas 1.462 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Jimny juga dilengkapi suspensi 3-Link Rigid Axle yang dilengkapi coil spring baik untuk sisi depan maupun belakang. Fitur ini membantu meredam guncangan saat melalui kontur jalan tidak rata maupun berbatu. Fitur tersebut didukung dengan ground clearance setinggi 210 mm serta radius putar 4,85 m guna mendukung kemampuan manuver di berbagai kondisi jalan.

Seluruh spesifikasi tersebut didukung mode berkendara four wheel drive (4WD) yang dilengkapi dengan fitur All Grip Pro 4WD. Fitur ini memberikan kebebasan pada pengemudi untuk memilih mode berkendara sesuai kebutuhan. Mode berkendara yang tersedia pada Jimny terbaru ini yakni:

2H (2WD High Range)

Pada mode ini, roda penggerak hanya roda belakang saja. Mode 2H cocok digunakan untuk kebutuhan harian seperti di jalan raya.

4H (4WD High Range)

Mode ini berpenggerak empat roda, yang artinya semua roda mobil menjadi roda penggerak. Mode 4H cocok digunakan jika melintasi jalan dalam kondisi licin atau jalanan yang baru disiram hujan. Untuk kecepatannya, mode 4H bisa digunakan dengan kecepatan yang sama seperti menggunakan mode 2H.

4L (4WD Low Range)

Mode ini juga menggunakan empat roda sebagai roda penggeraknya. Bedanya, rasio gigi 4L lebih rendah dibanding 4H. Mode 4L berguna untuk melewati jalan berlumpur, tanjakan curam, atau trek berbatu. Karena tujuannya untuk membantu melewati jalur ekstrem, pengguna tak bisa memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi saat menggunakan mode 4L.

Suzuki Jimny
Suzuki Jimny

Bergeser dari bagian mesin dan sistem penggerak, Suzuki Jimny turut dibekali tampilan eksterior yang membuatnya tampak semakin gagah. Misalnya, disematkannya iconic front grille dan bumper antigores berbentuk honey comb. Hal menarik dari sisi eksterior Jimny yakni adanya headlamp washer yang mampu membersihkan lampu saat tertutup lumpur atau kotoran selama perjalanan. Untuk sistem pencahayaan lainnnya, Jimny dilengkapi fog lamp, lampu LED projector yang dilengkapi leveling feature untuk mengatur tinggi rendah pencahayaan, hingga high mount stop lamp.

Lanjut ke bagian interior, Jimny menggunakan warna serba hitam guna memberikan kesan sporty. Bagian setir Jimny juga terlihat lebih mewah dengan balutan bahan kulit, plus fitur pendukung yang menambah kenyamanan pengendara seperti tilt steering yang memudahkan pengemudi menyesuaikan posisi kemudi, tombol audio control, koneksi bluetooth, serta cruise control yang berfungsi menjaga kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas.

Pengaturan suhu dalam mobil bisa diatur secara otomatis melalui fitur AC Auto Climate yang dilengkapi heater. Selain itu, dashboard  Jimny terintegrasi dengan head unit touchscreen 6.8 yang dilengkapi fitur USB, bluetooth, dan terkoneksi dengan smartphone. Panel control yang terletak di bawah AC berfungsi untuk mengaktifkan Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Descent Control (HDC) serta tombol pengatur kaca spion. Fitur lainnya yang menambah kenyamanan pengguna yakni Noise Vibration Harshness (NVH) guna mengurangi suara yang mengganggu, getaran maupun gesekan saat bermanuver atau melintas medan off road.

Dari sisi keamanan, Jimny menggunakan struktur Ladder Frame dengan penambahan x-member dan 2 cross member di bagian bawah badan mobil sehingga lebih kuat mengangkut beban berat, fleksibel, dan tangguh di medan off road. Dengan adnaya konstruksi ladder frame, Jimny mampu meredam guncangan dan getaran permukaan jalan.

Untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengendara dari luar, Jimny mampu mengurangi dampak guncangan karena memiliki rangka TECT (Total Effective Control Technology) Body dengan struktur yang secara efisien menyerap dan menyebarkan energi jika terjadi benturan atau tabrakan sehingga dapat menjaga ruangan kabin tetap utuh.

Baca juga: Sebagai Mobil Off Road Ringan, Segini Top Speed Suzuki Jimny

Fitur Side Impact Beam berupa batang baja terletak di masing-masing sisi pintu menjaga body tetap kokoh saat terjadi benturan dari samping, sehingga pintu masih bisa dibuka. Fitur Suzuki Jimny lainnya juga mencakup fitur keselamatan seperti Antilock Braking System (ABS) + Braking Assist (BA), dan Electronic Stability Program (ESP), teknologi yang memadukan pengereman dan kestabilan saat melaju di jalan licin. Jimny juga disematkan fitur Hill Hold Control dan Hill Descent Control yang menjaga kendaraan pada saat menanjak atau menurun.

Agar keselamatan penumpang terjamin, Jimny juga dilengkapi fitur 3 Points ELR Seatbelt yang mengencang otomatis dan menahan tubuh jika terjadi hentakan keras. Fitur SRS Dual Airbag pada dasbor dan kemudi serta kaitan ISOFIX juga menggenapi fitur keselamatan pada interior Jimny. Selain itu, Jimny juga dilengkapi fitur keamanan berupa Immobilizer yang dilengkapi sistem di dalam ECM (Electronic Control Module) yang menangkap sinyal dari anak kunci guna meminimalisir resiko pencurian.


Kembali ke atas