Suzuki Kabarnya akan Memproduksi Jimny 5 Pintu di India

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 October 2020

Suzuki Kabarnya akan Memproduksi Jimny 5 Pintu di India

momobil.id – Tingginya permintaan pasar yang melakukan pemesanan Jimny tampaknya mendorong Suzuki untuk melipatgandakan produksi. Keputusan yang diambil akhirnya mengerucut pada perluasan produksi di Maruti Suzuki India. Kabar terakhirya, Suzuki Jimny yang diproduksi tak hanya versi 3 pintu, melainkan juga versi 5 pintu.

Seperti dilansir OtoDriver yang mengutip indiaauto.com, produksi Jimny di India akan dimulai dalam dekat ini dan merupakan wujud dari comeback Maruti Gypsy yang stop sejak 2017 silam. Informasi yang ada, kemungkinan besar Jimny yang beredar di India akan kembali dilabeli sebagai Gypsy.

Sebenarnya produksi Jimny di India ini dimulai pada awal tahun ini, namun karena dampak dari COVID-19 maka diundur. Dikabarkan bahwa versi 3 pintu akan menggunakan komponen yang sepenuhnya dipasok dari Jepang. Sedangkan untuk Suzuki Jimny versi 5 pintu, sebagian besar akan menggunakan komponen dalam negeri India.

Rencananya, kedua model yang diproduksi di fasilitas Suzuki di Gurgaon ini, 50 persen di antaranya akan diekspor. Menurut rencana 2021 mendatang Jimny India ini akan mulai menghantam pasar. Masih sebatas kabar burung, ada kemungkinan Suzuki akan menawarkan versi 4×2 untuk harga yang lebih bersahabat.

Mengenai detail dikabarkan bahwa tidak ada perubahan pada mesin dan tetap menggunakan mesin K15B 1.500 cc dengan muntahan daya 102 PS dan torsi 138 Nm. Detail lainnya mengatakan bahwa mobil ini punya pilihan girboks 5 speed manual dan 4 speed otomatis.

Adapun Jimny generasi keempat menggendong mesin K15B dengan kapasitas 1.462 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Top speed Jimny generasi ini diklaim Suzuki mencapai 145 km/jam.

Baca juga: Ketahui Efek Negatif Oli Mesin Bercampur dengan Air

Jimny juga dilengkapi suspensi 3-Link Rigid Axle yang dilengkapi coil spring baik untuk sisi depan maupun belakang. Fitur ini membantu meredam guncangan saat melalui kontur jalan tidak rata maupun berbatu. Fitur tersebut didukung dengan ground clearance setinggi 210 mm serta radius putar 4,85 m guna mendukung kemampuan manuver di berbagai kondisi jalan.


Kembali ke atas