Suzuki Siapkan Mobil Baru untuk Pasar Indonesia Tahun 2021

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 December 2020

Suzuki Siapkan Mobil Baru untuk Pasar Indonesia Tahun 2021

momobil.id – Tahun 2021 nanti, Suzuki sudah menyiapkan beberapa mobil baru untuk pasar Indonesia. Salah satu rumor menarik mengenai model baru adalah kemungkinan hadirnya Karimun versi 7-seater alias tiga baris.

Kehadiran mobil baru Suzuki pada tahun 2021 dibenarkan oleh Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Ismi Saputra. Namun Donny masih enggan membocorkan model apa yang akan diluncurkan.

“Modelnya kami enggak bisa sebutkan, tapi yang pasti awal tahun ada pertengahan tahun juga ada, ditunggu saja,” ucapnya kepada kumparan.

Satu model yang kemungkinan mendapat sentuhan baru adalah Suzuki Ertiga. Sebab sesuai penuturannya beberapa waktu lalu, Ertiga bakal disegarkan tiap tahun. Bila ingat pada 2018, pabrikan menetaskan Ertiga generasi kedua.

Berikutnya pada awal 2019 hadir model improvement Ertiga berupa penyematan lampu kabut tipe GL dan penambahan defogger, AC digital, serta velg baru pada tipe GX. Menariknya setelah itu SIS merilis Ertiga Suzuki Sport.

Baru pada 2020, Suzuki kembali menyempurnakan Ertiga dengan arm rest jok baris tengah, dan kombinasi interior serba hitam pada tipe GX. Sementara tipe GL sudah mengaplikasikan AC digital. Tapi belum selesai di situ, tak lama Suzuki kembali membuka selubung Ertiga baru, tapi dalam wujud SUV yang disebut Suzuki XL7.

Model lain yang berpeluang lainnya adalah Suzuki Karimun Wagon R. Mengingat tinggal model tersebut dalam jajaran mobil Suzuki yang belum mendapatkan rombakan. Sementara di India, mobil perkotaan tersebut sudah punya tampilan baru.

Lalu bagaimana dengan Suzuki Karimun Wagon R versi 7-penumpang yang dulu sempat booming guna meredam eksistensi duet Calya dan Sigra?

Bila ingat pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, SIS pernah memamerkan Karimun 3 baris yang disebut Suzuki Wagon R 3 Rows Concept sebagai tes pasar.

Sayangnya mengenai update mobil tersebut Donny enggan memberikan kisi-kisinya. “Kalau model baru aku belum bisa komen dulu ya. Soal pengembangan enggak bisa komen lebih jauh, tapi harapan kami sih bisa menghadirkan produk sesuai konsumen tentunya,” jelas Donny.

Adapun sepanjang tahun 2020, PT SIS tercatat meluncurkan lima model baru di Indonesia. Pertama adalah Suzuki Ertiga versi facelift pada 15 Januari 2020. Setelahnya, Suzuki XL7 resmi mengaspal pada 17 Februari 2020.

Baca juga: Sebagai Varian Terendah, Apa Saja Fitur di Suzuki Ertiga GA MT?

Kemudian pada 5 Maret 2020 memanfaatkan pameran otomotif khusus kendaraan niaga, GIICOMVEC, new Suzuki Carry Luxury diluncurkan. Berlanjut 9 April 2020, giliran new Suzuki Ignis yang diluncurkan. Penyegarannya terbilang minim, utamanya yang paling kentara adalah penggantian bumper dan grille.

Terakhir dalam gelaran Indonesia Modification Expo 2020 pada 10 Oktober 2020, pabrikan merilis Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition. Mobil tersebut diproduksi terbatas sebanyak 50 unit, sesuai peringatan 50 tahun eksistensi Suzuki di Indonesia. Komposisinya 30 unit merupakan Karimun Wagon R edisi terbatas bertransmisi manual dan 20 unit versi matik.


Kembali ke atas