Tak Hanya Ada Bau dan Asap, Ini Ciri-ciri Lain Mobil yang akan Terbakar

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 18 January 2021

Tak Hanya Ada Bau dan Asap, Ini Ciri-ciri Lain Mobil yang akan Terbakar

momobil.id – Fenomena mobil terbakar di jalan bukan menjadi hal yang asing lagi. Tak hanya menimpa mobil tua saja, kejadian mobil terbakar juga sering menimpa mobil-mobil kelas menengah ke atas. Terbakarnya mobil biasanya disebabkan oleh korsleting listrik pada bagian mesin. Lalu apa saja ciri-ciri mobil akan terbakar lainnya yang wajib kita waspadai?

Secara umum, untuk mengetahui ciri-ciri mobil yang akan terbakar memanglah tidak mudah. Menurut Anjar Rosjadi selaku Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), biasanya ciri-cirinya hanya mengeluarkan asap dan berbau.

“Biasanya hanya mengeluarkan bau dan asap. Tapi kalau yang terbakar di bagian belakang, asap itu akan terbawa angin sehingga sulit dilihat. Jadi hanya mengandalkan bau saja. Inilah pentingnya komunikasi antara pengemudi dan penumpang,” terang Anjar kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Busi Mobil Harus Diganti Jika Menunjukka Ciri-ciri Berikut

Bau yang tercium bisa juga mengindikasikan selang bensin yang bocor. Hal ini tentu sangat berbahaya. Apabila bensin rembes dan masuk ke dalam bagian mesin, maka dapat menimbulkan percikan api apalagi jika mesin dalam keadaan panas.

Selain mengeluarkan bau dan asap, biasanya ciri-ciri yang sering dijumpai adalah performa mesin yang aneh. Akselerasi mobil akan mengalami perlambatan atau tersendat-sendat seperti akan mengalami mogok.

Jika ciri-ciri di atas sudah dirasakan, sebaiknya segera menepi dan berhenti di tempat yang aman lalu segera keluar dari mobil. Pastikan semua penumpang sudah keluar dari dalam mobil. Kemudian, jika ada barang berharga seperti dokumen-dokumen penting, segera amankan. Namun, jika sudah muncul api maka segera tinggalkan dan menjauh dari mobil. Dan yang terpenting jangan panik.

Oleh karena itu, sebaiknya para pemilik mobil dianjurkan untuk membawa alat pemadam api ringan (APAR) di dalam mobil agar bisa segera melakukan penanganan mandiri dengan cepat. Lalu jangan lupa juga untuk segera menghubungi petugas pemadam kebakaran atau kepolisian terdekat.


Kembali ke atas