Tak Kalah Penting, Ternyata Ini Fungsi Tutup Pentil Ban

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 October 2020

Tak Kalah Penting, Ternyata Ini Fungsi Tutup Pentil Ban

momobil.id – Salah satu komponen penting pada mobil adalah ban. Setiap ban memiliki tutup pentil yang juga memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya dibanding ban itu sendiri.

Meski memiliki fungsi yang penting, beberapa pemilik kendaraan masih ada yang mengabaikan keberadaan tutup pentil ban lantaran bentuknya yang kecil. Seperti dilansir Detik.com, penutup pentil punya peran penting untuk menjaga kelayakan ban.

Caranya dengan memastikan tekanan angin yang tepat dan terjaga, menghalangi kelembaban masuk ke ban, juga membantu menghalangi partikel debu yang dapat menutup pentil atau katup angin.

Seiring dengan waktu, tutup pentil ban dapat mengalami penuaan dan kerusakan. Saat mengecek ban, pengendara disarankan juga untuk melihat apakah katup angin masih dalam kondisi yang baik dan tidak terdapat kerusakan atau kebocoran untuk memastikan kelayakannya ban tersebut.

Selain memeriksa kelayakan penutup pentil, dianjurkan juga untuk membersihkan batu kerikil yang bersarang di ban mobil. Kerikil kecil yang terselip di tapak ban seringkali tidak diperhatikan oleh pengendara. Walaupun sekilas tak terlihat berbahaya, kerikil yang terselip pada tapak ban dapat merusak ban serta, membahayakan pengendara, apalagi bila ban punya pola halus atau rapat.

Baca juga: Daftar Fitur Canggih di Mobil Modern yang Bisa Membantu Pengemudi

Pola kembang pada ban dirancang untuk membuang air pada bagian tengah ban sehingga daya cengkeram ban di jalan basah akan meningkat. Kerikil yang bersarang pada tapak ban dapat melukai ban dan membuat korosi timbul pada serat baja di dalam ban. Selain itu batu kerikil yang menempel akan terus tertekan ke dalam tapak ban dan menekan permukaan secara terus menerus saat roda berputar.

Bila sudah demikian, lapisan ban akan rusak dan pastinya umur ban juga akan berpengaruh cenderung lebih singkat. Terlebih batu yang bentuknya runcing dan tajam dapat membuat tapak ban mudah sobek karena batu yang terus menempel di alur ban. Ketika pengendara menginspeksi ban, pastikan untuk mengecek alur ban dan membersihkan dari batu yang tersangkut pada alur.


Kembali ke atas