Tak Melulu Aki, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Menjadi Berat

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 22 April 2020

Tak Melulu Aki, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Menjadi Berat

momobil.id – Aki kerap menjadi sorotan utama pemilik mobil ketika kendaraannya sulit distarter. Padahal, penyebab starter mobil menjadi berat tak melulu karena aki karena sistem starter membutuhkan beberapa komponen lain.

Ada beberapa penyebab mengapa starter mobil menjadi berat. Selain aki, pemilik kendaraan perlu memeriksa beberapa komponen berikut yang bisa menyebabkan mobil menjadi sulit distarter.

Baca juga: Konsumen Bisa Manfaatkan Aplikasi My Suzuki untuk Dapatkan Suku Cadang Resmi

Busi

Komponen ini termasuk bagian vital dalam sistem starter mobil. Jika bagian ini bermasalah, starter mobil akan terasa berat. Biasanya, mobil yang sulit distarter dikarenakan busi yang kotor atau sudah usang. Busi yang kotor bisa menghambat percikan api yang dibutuhkan agar starter bekerja. Bersihkan busi yang kotor dengan cara digosok menggunakan pembersih khusus. Lalu jika busi sudah usang, mobil akan sulit dinyalakan mesin dalam keadaan panas. Biasanya ketika mesin sudah dingin baru bisa distarter. Untuk busi yang sudah usang, lebih baik diganti baru agar tak mengganggu aktivitas.

Alternator

Alternator berperan mengalirkan listrik ke aki. Jika bagian ini rusak, maka mobil tak akan bisa menyala meski aki dalam kondisi baik. Sebagai informasi, alternator umumnya tak mudah rusak dan baru mengalami kerusakan pada mobil yang umurnya sudah di atas delapan tahun.

Koil

Sama seperti busi, koil juga berperan dalam proses starter mobil. Fungsi koil adalah menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki. Setelahnya, arus listrik dapat mengalir ke busi sehingga memantik bunga api. Koil yang rusak bisa diketahui dari suhunya yang terlalu panas.

WTS

Water temperature sensor (WTS) atau sensor suhu juga bisa menyebabkan mobil sulit distarter. Bila sensor ini rusak, sistem injeksi akan terganggu sehingga mobil tak bisa dinyalakan.

Dinamo starter

Komponen ini termasuk yang jarang rusak, sama seperti alternator. Biasanya, dinamo starter yang rusak juga dikarenakan usia pemakaian. Kerusakan pada dinamo starter uga bisa terjadi pada kendaraan yang kerap dipaksa dihidupkan saat kondisi aki soak.

Sumber gambar: CarCareHunt



Kembali ke atas