Tak Perlu Menyalakan Audio saat Mobil Sedang Parkir, Ini Alasannya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 July 2020

Tak Perlu Menyalakan Audio saat Mobil Sedang Parkir, Ini Alasannya

momobil.id – Beberapa fitur standar yang biasanya sudah tersedia di mobil adalah pendingin udara alias AC dan audio. Keduanya merupakan fitur yang menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang selama berkendara. Agar kinerja fitur ini lebih awet, pemilik kendaraan perlu memahami cara penggunaan yang tepat seperti matikan AC dan audio ketika mobil sedang parkir.

Kinerja AC dan audio mungkin tidak akan berpengaruh pada penggunaan aki karena arus akan terus terisi selama mesin mobil menyala. Namun, bagaimana jika fasilitas tersebut tetap dihidupkan saat mobil berhenti dan parkir dan mesin dimatikan. Apakah, perangkat tersebut juga harus segera dimatikan setelah mesin mobil tidak menyala?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, saat mobil dalam kondisi mesin hidup menyalakan AC dan juga audio tidak menjadi masalah. Hal ini karena arus yang terpakai untuk AC maupun audio akan tergantikan selama mesin tetap menyala.

“Tetapi, jika kondisi mesin mati menyalakan audio bisa menyedot arus aki. Sedangkan untuk AC tidak bisa dinyalakan saat kondisi mesin mati,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Jika dalam kondisi mesin mati tetapi pengemudi tetap menyalakan perangkat audio bukan tidak mungkin aki bisa tekor. Sehingga saat akan digunakan tidak bisa untuk menyalakan mesin. Tetapi, jika kondisi aki masih bagus arus aki akan segera terisi kembali sesaat setelah mesin dinyalakan.

“Kalau tetap menyalakan audio rawan terjadi aki tekor, karena arus tersedot. Tetapi kalau menyalakan audio dalam kondisi mesin hidup tetap aman, karena aki akan terisi oleh alternator,” ucapnya.

Baca juga: Sepuluh Mobil Terlaris Sepanjang Semester I 2020

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti arus aki tersedot untuk audio, sebaiknya matikan audio saat mobil berhenti dan mesin mati tidak perlu menyalakan audio. Itu sebabnya sebaiknya matikan audio dan AC ketika mobil sedang parkir guna menjaga kinerja aki tetap maksimal.


Kembali ke atas