Tak Sekedar Hiasan, Ini Fungsi Gril Pada Mobil

Ditulis oleh : admin | 19 June 2019

Tak Sekedar Hiasan, Ini Fungsi Gril Pada Mobil

momobil.id – Peletakan gril di bagian depan mobil sebenarnya bukan sekedar hiasan atau untuk meletakkan logo produsen mobil tersebut. Lebih dari itu, gril sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai saluran angin guna mendinginkan mesin.

Hal ini diutarakan Head of Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi. “Angin akan masuk dan mendinginkan kisi-kisi radiator agar suhu ideal mesin dapat terjaga secara optimal. Selain sebagai saluran angin ke radiator, gril juga termasuk dalam bagian eksterior mobil,” ujar Bambang seperti dilansir Kompas.com.

Bambang menuturkan jika angin tidak mengalir dengan baik melalui lubang-lubang gril, maka temperatur mesin bisa meningkat dan mengakibatkan mogok karena mesin mengalami overheat. “Karena itu, pemilik mobil diimbau tidak menutupi bagian gril,” ucapnya.

Penjelasan Bambang terkait contoh kasus adanya pemilik mobil yang menutup gril dengan spanduk saat menghadiri acara tertentu. Menurutnya hal tersebut bisa menghambat aliran udara dan mesin berpotensi mengalami overheating.

Baca Juga: Tiga efek negatif jika ban mobil kelebihan tekanan udara

Selain sebagai saluran udara, fungsi lain gril yakni untuk meningkatkan aerodinamika sebuah mobil. Beberapa produsen ada yang membuat mobil dengan gril minim lubang. Tujuannya agar udara yang menabrak area depan mobil dialihkan melalui sisi samping atau atas mobil sehingga mobil tidak tertahan angin.

Cara merawat gril

Seperti yang telah disebutkan di atas, gril termasuk bagian eksterior yang mempercantik tampilan mobil. Agar tampilan gril tetap kinclong seiring waktu pemakaian, pemilik mobil perlu melakukan perawatan dengan rutin membersihkannya.

Gril yang jarang dibersihkan akan menimbulkan jamur sehingga terihat kusam. Seperti dilansir GridOto, untuk menghilangkan jamur di bagian gril cukup mudah. Misalnya dengan menggunakan all purpose cleaner yang biasa digunakan membersihkan mobil dari jamur.

Setelah dibersihkan, gril selanjutnya dipoles dan akan diberikan conditioner. Tujuan diberikan conditioner agar gril kembali mengkilap seperti baru.

Sumber gambar: Carid.com


Kembali ke atas