Tak Sekedar Hiasan, Ketahui Fungsi Spoiler Pada Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 May 2020

Tak Sekedar Hiasan, Ketahui Fungsi Spoiler Pada Mobil

momobil.id – Mobil yang menggunakan spoiler di bagian belakang memang terlihat lebih sporty. Namun sebenarnya, fungsi spoiler mobil bukan hanya sebagai hiasan.

Spoiler mobil yang selama ini dianggap hanya sebagai aksesoris untuk mempercantik mobil ternyata memiliki manfaat lebih dari itu. Ada beberapa fungsi spoiler mobil yang patut diketahui oleh pemilik kendaraan. Berikut penjabaran selengkapnya.

Sebagai aerodinamika mobil

Spoiler mobil berfungsi untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi. Gaya angkat ini mampu membuat mobil melayang dan tidak stabil saat mobil tengah melaju dalam kecepatan tinggi. Jika mobil melayang dengan gaya angkat yang tinggi, pengemudi bisa saja kehilangan kontrol saat mengemudi.

Tingkatkan pengendalian mobil

Selain mampu menambah tekanan bawah saat melaju kencang, spoiler juga berfungsi mempertahankan roda agar tetap menempel di jalan dengan cara meningkatkan efek aerodinamis, sehingga dapat meningkatkan pengendalian mobil. Pada mobil sedan, spoiler ditempelkan di atas pintu bagasi. Sedangkan pada umumnya, spoiler dipasang di bagian belakang atap mobil.

Baca juga: Panduan Memilih Busi yang Tepat untuk Mobil

Adapun jika mobil yang dimiliki belum memiliki spoiler dan ingin menambahkannya, pemilik mobil sebaiknya jangan asal memasang spoiler. Hal pertama yang harus diperhatikan ketika membeli spoiler aftermarket, pastikan dulu apakah spoiler tersebut memiliki fungsi serupa dengan spoiler pabrikan untuk varian lain di model mobil yang sama. Jika hal ini sudah dipastikan, hal berikutnya adalah jangan asal-asalan memasang spoiler karena hal ini bisa saja menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Pastikan memasang spoiler dengan baik dan benar di tempat terpercaya.



Kembali ke atas