Tampilan Mobil yang Menggunakan Vantablack, Cat Hitam Paling Gelap

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 December 2020

Tampilan Mobil yang Menggunakan Vantablack, Cat Hitam Paling Gelap

momobil.id – Sebagai salah satu warna paling populer di dunia, tak heran jika hampir semua pabrikan mobil menyediakan opsi warna hitam pada berbagai modelnya. Warna hitam terus mendapat pengembangan, dan kini muncul cat hitam untuk mobil dengan warna paling gelap yakni vantablack.

Seperti dilansir Detik.com, cat mobil Vantablack sebelumnya pertama kali digunakan pada mobil BMW X6 pada 2019 lalu. Warna ini diperkenalkan oleh sebuah perusahaan bernama Surrey NanoSystems pada tahun 2014.

Sedangkan BMW mengklaim sebagai produsen otomotif pertama di dunia yang mengaplikasikannya pada mobil. Saking pekatnya, vantablack bisa menyerap 99,965 persen cahaya sehingga saat mata manusia melihat seperti objek 3D seperti 2D.

Vertically Aligned Nano Tube Array akronim dari Vanta, ini terbuat dari struktur nanotubes karbon berbentuk silinder berukuran 14-50 mikrometer dengan diameter 20 nanometer. Simpelnya, ukuran struktur karbon ini 5.000 kali lebih tipis dari rambut manusia.

Dengan kata lain hampir semua cahaya yang mengenai permukaan diserap daripada dipantulkan. Setiap 1cm permukaan mobil ini berisikan miliaran nanotubes. Jika dilapisi pada permukaan mobil, cat ini mampu menyerap 99,965 persen cahaya. Jadi selain tidak memberikan pantulan refleksi seperti cat metalic, pearl, atau bahkan doff, cat Vantablack ini benar-benar bisa menelan cahaya yang menerpanya berdasarkan pandangan mata manusia.

Bahkan lekukan-lekukan dari desain eksterior mobil ini tak dapat dilihat dengan kasat mata. Bagian yang dapat dilihat dari mobil ini hanyalah yang tidak dilapisi Vantablack, seperti ban, lampu, grill, dan jendela.

Ternyata warna vantablack memancing orang penasaran untuk mencobanya. Dikutip dari Carscoops, Minggu (13/12/2020) seorang YouTuber dengan nama channel DipYourCar coba mengaplikasikan warna cat musou black –cat akrilik berbasis air paling hitam di dunia– produksi Koyo Orient Japan yang serupa dengan vantablack pada Mitsubishi Lancer Evolution.

Baca juga: Tongkrongan Lebih Sporty, Simak Detail Xpander Black Edition

Untuk mendapatkan kesan hitam pekat, Mitsubishi Lancer Evo itu disemprotkan lima lapis tipis ke mobil hingga menghabiskan sekitar dua galon (8 liter). Namun perlu menjadi catatan bahwa Musou Black cukup halus (mudah rontok) dan tidak cocok diaplikasikan seperti mobil.

Sama seperti vantablack, cat ini dapat menyerap 99,4 persen cahaya menyerap begitu banyak cahaya sehingga, selain kaca, roda, dan fasia depan, tidak terlihat hal lainnya selain siluet Mitsubishi.


Kembali ke atas