Tarif STNK 2017 Naik? Ini 3 Cara Agar Bisa Hemat!

Ditulis oleh : admin | 5 January 2017

Tarif STNK 2017 Naik? Ini 3 Cara Agar Bisa Hemat!

Walaupun segala fasilitas telah mengalami transformasi menjadi lebih baik, bukan berarti pelayanan pengurusan STNK dan BPKB tidak ada kendala yang berarti. Setelah meluncurkan fasilitas perpanjangan STNK secara online, kali ini justru kabar kurang baik mengejutkan para pemilik kendaraan pribadi di seluruh Indonesia. Bagaimana tidak mengejutkan? Kabarnya, biaya pengurusan STNK dan BPKB akan naik 2-3 kali lipat. Tarif STNK 2017 naik ini tentu banyak mengejutkan banyak orang.

Tarif STNK 2017
Source: republika.co.id

Kenaikan tarif baru pengurusan biaya kendaraan bermotor ini berlaku secara nasional didasarkan atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak atau yang disingkat PNBP. P‎eraturan ini dibuat untuk mengganti Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas PNBP.

Baca Juga : Perpanjang STNK Mobil Lewat Online Aja

Dalam peraturan baru tersebut, terdapat penambahan tarif pengurusan pajak kendaraan diantaranya, pengesahan STNK, penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor, dan surat izin serta STNK lintas batas negara. K‎enaikan biaya pengurusan surat-surat kendaraan nyatanya cukup memberatkan sebagian orang. Nah, untuk itu, berikut 3 cara hemat agar Anda dapat membayar pajak tepat waktu! Yuk Simak!

Tentukan Jenis Mobil Dengan Harga Yang Terjangkau

Untuk menentukan mobil mana yang cocok untuk Anda, sebaiknya Anda harus pikirkan secara matang. Buatlah daftar mobil yang realitis dengan budget yang Anda miliki sekarang. Artinya, bukan selera yang harus menyesuaikan mobil mana yang ingin Anda miliki, namun penghasilan Anda sendiri yang menyesuaikan mobil apa yang bisa Anda dapatkan. Dengan adanya tarif STNK 2017 yang naik ini, tidak akan terlalu memberatkan Anda.

Sebagai alternatif, Anda dapat membeli mobil dengan segmen Low Cost Green Car (LCGC). Apa itu mobil Low Cost Green Car? Jika Anda tau mobil-mobil seperti, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, Honda Brio, dan lain sebagainya adalah mobil-mobil dengan segmen LCGC. Tentu saja, mobil-mobil tersebut memiliki harga rata-rata 80 juta-130 jutaan. Cukup terjangkau bukan? Dengan begitu, Anda dapat prioritaskan sebagian uang Anda untuk kewajiban membayar pajak kendaraan.

Kredit Mobil Jangka Panjang, Kenapa Enggak?

Layanan cicilan atau kredit mobil adalah untuk memudahkan Anda yang ingin segera atau membutuhkan kendaraan beroda empat. Anda tidak perlu menunggu sampai memiliki uang tunai dengan jumlah yang cukup banyak untuk membeli mobil yang Anda butuhkan. Di Momobil.id, Anda dapat memanfaatkan layanan cicilan atau kredit mobil dengan harga yang sangat terjangkau. Caranya, manfaatkan kredit mobil jangka panjang sekitar 7-8 tahun.

Kredit jangka panjang dapat membuat Anda lebih mudah dalam menghemat biaya. Karena cicilan mobil jangka panjang biasanya menawarkan cicilan ringan dan uang muka yang sangat terjangkau. Dimana Anda dapat melakukan kredit mobil jangka panjang? Momobil.id adalah jawabannya! Dapatkan kredit mobil jangka panjang dengan harga yang terjangkau sekarang!

Lakukan Simulasi Rencana Kredit Mobil Anda

Sesi yang paling penting sebelum Anda memastikan untuk melakukan kredit mobil adalah lakukan simulasi rencana ke depan. Biasanya, menabung untuk memenuhi kebutuhan uang muka adalah salah satu cara yang harus dilakukan. Artinya dalam waktu 12 bulan, Anda sudah harus menyiapkan biaya uang muka. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilih opsi kredit mobil jangka panjang agar cicilan mobil Anda lebih terjangkau. Lantas berapa jumlah cicilan per bulan yang harus Anda siapkan? Jika harga mobil Rp 100 jutaan, dan uang muka 20 persen, maka angka yang diperoleh adalah Rp 20 jutaan. Usahakan cari promo yang menawarkan cashback potongan uang muka. Biasanya berbagai promo bisa Anda dapatkan di pameran-pameran otomotif. Nantinya, total uang muka bisa Anda tekan sampai Rp 10 juta saja. Selanjutnya, jika bunga diasumsikan 6% maka angka cicilan yang didapat adalah Rp 1,4 juta per bulan. Dengan begitu, biaya pajak tarif STNK 2017 dan BPKB kemungkinan dapat Anda bayar sesuai dengan kewajiban yang diberlakukan.

Menanggapi biaya pengurusan tarif STNK 2017 dan BPKB yang dikabarkan akan naik, maka dari itu sudah sepatutnya Anda harus lebih hemat dalam mengelola keuangan. Jika Anda membutuhkan mobil untuk keperluan Anda sehari-hari, lakukan langkah-langkah di atas agar kewajiban membayar pajak STNK dan BPKB dapat selalu terpenuhi. Yang paling penting, jangan lupa bayar pajak!

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas