TARR!! Bikin Kaget dan Berbahaya! Kenali Penyebab Ban Mobil Meletus

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

16 Sep 2019

momobil.id - Meletusnya ban ketika sedang berkendara membuat kendaraan kehilangan keseimbangan. Potensi kecelakaan pun semakin besar jika pecahnya ban terjadi saat kendaraan melaju pada kecepatan tinggi. Kendaraan yang hilang keseimbangan rentan menabrak kendaraan lain atau terguling di jalan. Namun tak semua pemilik kendaraan mengetahui apa yang sebenarnya menjadi penyebab ban mobil pecah.

Mengingat fatalnya akibat yang ditimbulkan jika ban mobil mendadak pecah atau meletus ketika mobil sedang digunakan, maka pemilik mobil harus memperhatikan kondisi mobil mereka agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Berikut beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan ban mobil tiba-tiba pecah atau meletus.

Ukuran pelek dan ban yang tidak sesuai

Ban yang tidak sesuai dengan ukuran pelek, entah ukuran pelek lebih besar atau lebih kecil dan dipaksa untuk dipasangkan dengan ban, menyebabkan beban berlebihan pada dinding samping ban.

Akibatnya, permukaan ban mudah retak, patah atau muncul gundukan. Beberapa hal tersebut bisa memicu ban pecah di tengah jalan. Karena itu, gunakan ban dan pelek dengan ukuran yang tepat. Selain itu, sesuaikan dengan kapasitas atau kekuatan mobil.

Tambalan yang tidak benar

Proses penambalan ban bocor yang biasa dilakukan oleh teknisi di bengkel biasanya menggunakan metode model tusuk atau string tubeless. Padahal, metode penambalan tersebut dimaksudkan untuk menangani keadaan darurat atau untuk sementara waktu.

Jika ban tertambal tidak benar, maka bisa bocor lagi jika terus dibiarkan bergesekan setiap hari ke permukaan jalan. Udara dan tekanan angin di dalam ban akan berkurang, dan dalam kondisi ini ban akan mudah pecah.

Ulir ban yang kemasukan kerikil atau batu tajam

Membersihkan ulir ban sebenarnya cukup mudah namun sering dianggap sepele. Sesungguhnya, ban yang terdapat bebatuan atau serpihan kecil di antara ulirnya bisa mendatangkan bahaya. Karena batu dan serpihan kecil yang tajam kemungkinan akan menusuk ban dan menyebabkan cedera pada permukaan ban dan lama-lama mengoyak pelindung serta konstruksi ban.

Sering melewati jalan berlubang

Tabrakan yang keras antara ban dan dinding jalanan berlubang dapat merusak atau menghancurkan kabel kawat rajutan di dalam ban. Kawat-kawat tersebut berguna untuk melindungi dinding dan tapak ban. Jika kawat sudah rusak dan ban karet bergesekan dengan permukaan jalan, maka ban bisa saja tiba-tiba meletus.

Baca Juga: Melihat perubahan desain interior Nissan Juke 2020

Ban mobil pecah dapat terjadi sewaktu-waktu dan mengakibatkan kecelakaan. Mulai sekarang, yuk rajin cek keadaan mobil dan hindari penyebab ban mobil pecah demi berkendara yang aman dan prima, sahabat momobil!

Sumber gambar: Ars Techinca

  • Auto Lifestyle (Display)
  • ban mobil
  • ban mobil pecah
  • ban mobil meletus
  • merawat ban mobil

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PALEMBANG

2014
Manual

120 juta

JAKARTA BARAT

2016
Manual

240 juta

JAKARTA BARAT

2015
Otomatis

245 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More