Tekanan Angin Ban Mobil Jangan Terlalu Tinggi atau Rendah

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 12 November 2020

Tekanan Angin Ban Mobil Jangan Terlalu Tinggi atau Rendah

momobil.id – Mengukur kondisi ban tak sebatas melihat tingkat kebotakan tapaknya. Hal lain yang berpengaruh besar pada performa mobil yakni tekanan angin ban, apakah sudah sesuai standar rekomendasi atau tidak.

Tekanan angin ban mobil yang terlalu tinggi memiliki dampak negatif. Demikian juga jika tekanan anginnya terlalu rendah. Ban mobil yang kurang angin menjadikannya tak memiliki traksi yang sama dengan ban yang memiliki tekanan angin normal. Hal itu menyebabkan mobil tersebut kehilangan kendali dan bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Tekanan ban mobil yang kurang juga bisa membuat suhu ban jadi lebih cepat panas. Hal itu karena bidang gesek dengan aspal lebih banyak. Bahkan ban yang kurang angin juga membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

“Kalau Anda mau jalan, pastikan keempat ban dalam kondisi aman. Kalau saya, sebelum masuk mobil, saya akan keliling dahulu untuk mengecek keempat ban. Hal itu untuk mengetahui apakah tekanan angin bannya kurang ataupun ada hal lainnya,” kata Kepala Bengkel Auto2000 Jatiasih, Danang Pinandhitio, seperti dilansir Detik.com yang mengutip situs Auto2000.

“Dengan cara seperti itu kita bisa meminimalisir berkendara dalam kondisi ban kempis. Atau jangan-jangan di depan ban mobil kita ada kucing atau benda asing yang bisa mengganggu perjalanan nantinya atau membuat kita tidak nyaman saat berkendara,” sambungnya.

Tekanan angin ban juga mempengaruhi usia ban. Jika tekanan ban terlalu tinggi atau terlalu rendah ban bisa cepat rusak atau bahkan pecah tiba-tiba.

Baca juga: Ganti Oli Mesin dengan Takaran Berlebih Bisa Membuat Mobil Jadi Begini

“Pastikan tekanan ukuran ban sesuai dengan standar. Cara mengetahui tekanan angin ideal anjuran pabrik sangatlah mudah. Anda tinggal buka pintu sebelah kanan, tepatnya bagian pengemudi. Perhatikan bagian pilar dan Anda akan temukan sticker yang tertulis keterangan tekanan angin ban,” saran Danang.

Ban adalah satu-satunya komppnen yang berhubungan dengan aspal. Jika ban sudah mulai habis atau gundul maka jangan menunda untuk melakukan penggantian.


Kembali ke atas