Tekanan Angin Ban yang Ideal di Waktu Hujan

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 16 January 2019

Tekanan Angin Ban yang Ideal di Waktu Hujan

Tips Mobil | Mobil Bekas

Musim hujan mulai mengguyur Indonesia, khususnya Ibu Kota Jakarta, sejak sebulan lalu. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus memperhatikan juga tekanan angin ban mobil Anda ketika hendak menerobos hujan. Beberapa orang berpendapat bahwa tekanan angin yang dibutuhkan berbeda-beda pada tiap kondisi dan cuacanya.

Sebagian orang beranggapan bahwa dengan mengempeskan ban mobil untuk melintasi hujan akan mengoptimalkan daya cengkram ban terhadap permukaan. Tetapi beberapa orang justru berkata sebaliknya. Lantas harus bagaimana kondisi tekanan angin ban yang layak untuk digunakan dalam keadaan hujan? Apa saja perhitungannya agar berkendara tetap aman?

Untuk hal yang satu ini, Anda perlu melakukan pengecekan secara detail dan presisi menggunakan indikator tekanan angin. Pengurangan tekanan angin memang akan membuat Anda lebih nyaman berkendara di saat hujan. Namun jika pengurangannya terlalu signifikan dari ukuran standarnya, cenderung akan membahayakan Anda, karena tekanan angin yang terlalu besar juga akan membuat ban kehilangan traksi dan semakin licin di jalanan basah.

Agar tetap nyaman dan tidak membahayakan, pengurangan tekanan cukup sampai 2 Psi (Pounds per Square Inch) saja dari ukuran standarnya. Contohnya, jika tekanan angin ban Anda 30 Psi dalam kondisi normal, maka saat musim hujan kurangi menjadi 28 Psi.

Perlu diperhatikan juga jika Anda berkendara sendiri atau membawa penumpang lainnya. Tentu dengan adanya penumpang lain, bobot yang dibawa juga akan mempengaruhi tekanan angin ban mobil Anda. Lakukan juga pengecekan secara berkala, terlebih di waktu musim hujan, agar keamanan berkendara Anda lebih terjamin.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock


Kembali ke atas