Teknik Mencuci Mesin Mobil agar Sistem Kelistrikan Tidak Rusak

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

27 September 2019

Teknik Mencuci Mesin Mobil agar Sistem Kelistrikan Tidak Rusak

momobil.id – Agar mobil lebih bersih mengkilap, pemilik mobil perlu menggunakan semprotan air bertekanan tinggi ketika mencuci mobil. Namun hal ini hanya berlaku ketika membersihkan bagian eksterior seperti body, ban, maupun kolong mobil. Lalu, bagaimana ketika ingin mencuci mesin mobil yang sudah tampak berdebu dan banyak kotoran?

Perlu diketahui, ruang mesin merupakan bagian yang penting dan cukup senstif jika terkena air secara berlebihan. Semprotan air yang masuk dengan tekanan tinggi akan merusak mesin mobil dan menghadirkan masalah pada sistem kelistrikan mobil. Lalu, bagaimana cara mencuci mesin yang baik tanpa merusaknya ya?

Pada dasarnya, mencuci mesin mobil tidak boleh disemprot atau diguyur air tekanan tinggi secara langsung. Pemilik mobil dianjurkan untuk menggunakan sikat atau lap microfiber dengan diberi sedikit air.

Hal lain yang perlu diperhatikan, pemilik mobil harus mengetahui bahwa ada beberapa komponen yang tidak boleh terkena air sama sekali sehingga tidak perlu dibersihkan. Pemilik mobil harus mengenali bagian-bagian itu dan letak posisinya. Salah satu contoh komponen tersebut ialah Electronic Control Unit (ECU). Jika ECU terkena air, akan terjadi kerusakan atau korsleting pada sensor-sensor yang terdapat pada ECU. Untuk menghindarinya, usahakan membungkus komponen tersebut dengan plastik agar tidak terkena cipatran air dan hindari mengenainya secara langsung.

Kemudian, cuci mobil seperti biasa dengan air yang dicampur terlebih dahulu dengan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan noda minyak dan debu. Olesi campuran cairan tersebut pada mesin mobil lalu gosok dengan menggunakan sikat atau kain microfiber. Gosoknya pelain-pelan saja ya, sahabat momobil. Karena jika terlalu keras menggosok juga akan merusak komponen mesin. Gosok bagian mesin pelan-pelan hingga noda dan kotoran hilang.

Baca Juga: Tip belajar mobil manual untuk newbie agar mesin tidak mati

Setelah benar-benar bersih, semprot bagian yang sudah dicuci dengan kompresor udara untuk menghilangkan bulir air yang tersisa di sekitar mesin. Untuk mencegah kerak, mobil tidak boleh digunakan secara langsung. Diamkan 2-3 jam untuk memastikan bahwa bagian-bagian mesin kering. Jika sudah benar-benar kering, nyalakan mesin dan panaskan mobil.

Selesai! Mobil pun kinclong bersih secara menyeluruh termasuk mesin tanpa merusak komponen mesin. Selamat mencoba!

Sumber gambar: Mafra

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas