Teknik Menghadapi Tanjakan dengan Mobil Transmisi Manual

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

06 Aug 2019

momobil.id - Tanjakan adalah salah satu rute yang paling dikhawatirkan pengemudi pemula. Apalagi jika kendaraan yang dikendarai menggunakan transmisi manual. Namun hal ini sebenarnya tak perlu dikhawatirkan, jika pengemudi mengetahui teknik menghadapi tanjakan menggunakan mobil bertransmisi manual.

Cara mengemudi pada tanjakan pastinya berbeda dengan cara mengemudi pada jalan datar karena harus memperhitungkan penyesuaian kopling, gas, dan rem, terutama jika terjadi kemacetan.

Selain itu, pengemudi juga harus bisa mengendalikan kopling, gas, dan rem secara bersamaan agar mesin tidak mati dan risiko kendaraan mundur dapat dihindari. Seperti dilansir liputan6, berikut tip yang dapat diikuti agar pengemudi mobil transmisi manual bisa mengendalikan situasi ketika melintasi jalan menanjak:

Perhitungkan Kemiringan Tanjakan

Saat menaiki tanjakan, cobalah untuk memperkirakan kemiringan agar kamu dapat menggunakan gigi yang sesuai. Jika tanjakan tampak curam, pengemudi diharapkan menggunakan gigi rendah seperti gigi satu.

Pada posisi gigi rendah, suara mesin mobil akan terdengar lebih keras dari biasanya. Maka, pengemudi tidak perlu panik karena hal tersebut wajar terjadi.

Gunakan Rem Tangan dan Rem Kaki

Ada teknik khusus yang dapat kamu lakukan jika terjadi kemacetan di tanjakan menggunakan mobil transmisi manual, yakni pengemudi harus pandai menggunakan kombinasi rem kaki dan rem tangan. Berikut tiga cara yang bisa kamu coba terkait kombinasi rem tangan dan rem kaki:

  • Rem tangan dapat digunakan jika jarak dan waktu berhenti cukup lama. Jangan menginjak rem terus menerus karena pengemudi akan cepat lelah dan dapat terjadi risiko pelepasan rem yang tidak disengaja.
  • Jika jarak dan waktu berhenti tidak terlalu lama, pengemudi dapat menggunakan rem kaki.
  • Cara terakhir adalah menginjak setengah kopling saat berhenti, metode ini bisa digunakan agar mobil lebih waspada jika harus berjalan lagi. Cara ini tidak disarankan jika tanjakan yang dilalui cukup curam.(FDA)

Sumber gambar: autoblog

  • Featured Article
  • mobil manual
  • transmisi manual
  • tanjakan mobil manual
  • cara melewati tanjakan
  • jalan menanjak

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More