Teknik Perpindahan Gigi Mobil Manual Agar Lebih Halus

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 7 December 2020

Teknik Perpindahan Gigi Mobil Manual Agar Lebih Halus

momobil.id – Mengendarai mobil bertransmisi manual memang susah-susah gampang. Oleh karena itu, diperlukan jam terbang yang cukup agar mampu mengendarai mobil manual. Selain itu, para pengendara perlu memperhatikan juga teknik agar perpindahan gigi mobil lebih halus.

Mobil dengan transmisi manual masih menjadi pilihan banyak orang karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis atau mobil matik. Namun, masih banyak pengendara yang mengendarai mobil manual dengan perpindahan gigi yang kasar.

Melansir Kumparan.com, Chief Instructor Rivat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi menjelaskan bahwa kuncinya ada pada penyelarasan antara pelepasan pedal kopling dan injakan pada pedal gas.

Pedal kopling mobil manual
Pedal kopling mobil manual

Selain itu untuk mengatasi agar mobil tidak melompat saat perpindahan gigi, Herry menyarankan agar pengendara dapat menambahkan tekanan injakan gas disertai dengan memainkan pelepasan pedal kopling secara perlahan.

Baca juga: Tips Mengendarai Mobil Matik di Pegunungan

Teknik lain adalah dengan memperhatikan perpindahan transmisi dengan rpm. Selain membuat perpindahan gigi lebih halus, teknik ini juga dapat membuat mobil lebih irit bahan bakar.

“Perpindahan gigi sesuai rpm juga lebih bagus, jadi jangan menunggu sampai rpm tinggi sekali. Selain membuat perpindahan lebih smooth, juga dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit,” jelas Herry Wahyudi kepada Kumparan.com.

Teknik di atas tidak akan banyak membantu jika pengendara tidak menerapkannya dengan sering berlatih. Herry menyaran kan agar pengendara terus melatih teknik di atas agar mendapatkan momentum perpindahan transmisi yang smooth. Tidak ada salahnya didampingi oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman agar lebih cepat beradaptasi dan menerapkan teknik di atas.


Kembali ke atas