Terakhir Diproduksi, BMW i8 Hadir dengan 18 Warna Berbeda

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 July 2020

Terakhir Diproduksi, BMW i8 Hadir dengan 18 Warna Berbeda

momobil.id – BMW memutuskan untuk memberhentikan produksi dari mobil sport bermesin listrik andalannya, yaitu BMW i8. Masa produksinya sudah diakhiri pada pekan lalu. Meskipun demikian, i8 terakhir tersebut keluar dengan warna- warna yang unik. 18 model i8 terakhir diproduksi dengan warna unik yang sebelumnya belum pernah diterapkan pada kendaraan listrik ini selama masa produksinya.

Pihak BMW sendiri mengatakan bahwa membangun 18 model terakhir ini merupakan sebuah tantangan besar. Masing-masing mobil diselesaikan dengan warna cat yang berbeda secara berurutan. Hal ini memaksa teknisi BMW mewarnai mobil menggunakan tangan. Hal ini tentunya dilakukan oleh BMW untuk mengakhiri produksi mobil supercar listriknya dengan kesan yang mendalam serta dapat dibanggakan oleh BMW dan konsumennya.

Mobil terakhir yang diproduksi dari pabrik BMW di Leipzig ini berwarna Portimao Blue. i8 berwarna Portimao Blue ini merupakan salah satu dari 18 unit terakhir yang diproduksi dengan personalisasi warna dan trim interior. Awal diluncurkan pada tahun 2014, i8 sudah diproduksi sebanyak 20.500 unit.

Baca Juga : Sebelum Memodifikasi Mobil Listrik, Ketahui Dulu Hal Ini

Mengenai BMW i8

i8 sendiri merupakan sportcar yang unik. Model ini menjadi citra grup BMW dan pabrikannya. Mobil listrik yang memiliki 2 pintu ini memainkan peranan penting bagi BMW. Penggunaan aluminium sasis dengan carbon fiber reinforced plastic (CFRP) menjadi dalah satu ciri khas dari i8.

Dalam segi dapur pacu, i8 mengandalkan kombinasi mesin konvensional dan motor listrik. Mesin konvensional yang digunakan yaitu mesin 1.500 cc turbocharger 3 silinder yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 231hp. Tenaga mesin konvensional ini kemudian digabungkan dengan motor listrik bertenaga 143hp. Total tenaga 374hp ini membuat i8 dapat menuntaskan 0-100km/jam dengan waktu 4,2 detik. Baterai pada i8 berukuran 34 Ah dengan tenaga 11,6 kWh. Dengan baterai ini, i8 dapat menempuh jarah 54,7 km sekali pengisian daya.

BMW sendiri sudah pernah memasarkan mobil ini di Indonesia. i8 dibanderol dengan harga Rp3,969 miliar (off the road) pada versi roadsternya. Sayangnya, penjualan i8 di Indonesia sendiri sudah ditiadakan.



Kembali ke atas