Terkait Rumor Karimun Wagon Tiga Baris di Indonesia, Suzuki Bilang Begini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 February 2021

Terkait Rumor Karimun Wagon Tiga Baris di Indonesia, Suzuki Bilang Begini

momobil.id – Belakangan ini beredar rumor bahwa Suzuki akan mengeluarkan mobil terbarunya di Indonesia. Namun belum dapat dipastikan mobil apa yang menjadi model terbaru dari Suzuki dan apakah mobil itu bisa menyasar segmen konsumen yang sudah punya keluarga.

Jika membahas mengenai mobil keluarga rakitan Suzuki di Indonesia, kebanyakan mungkin langsung terpikir Suzuki Ertiga. Hal ini tidak salah, karena Ertiga merupakan mobil Low MPV yang cocok bagi konsumen yang sudah berkeluarga. Namun belakangan ini beredar rumor terkait kemungkinan masuknya Suzuki Karimun tiga baris.

Ya, selama ini Suzuki Karimun masuk di kelas LCGC dan yang saat ini beredar di Indonesia masih menggunakan konsep dua baris. Jika Suzuki Karimun tiga baris nantinya hadir di Indonesia, maka model ini akan bersaing dengan LCGC tiga baris lainnya seperti Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra. Lalu, apakah Suzuki Karimun tiga baris bakal menjadi mobil terbaru yang akan menyasar segmen konsumen yang sudah punya keluarga? Dan pertanyaan paling penting, apakah Karimun tiga baris akan masuk Indonesia?

Head of Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel mengatakan, datangnya karimun dengan tiga baris kursi ini kembali lagi ke product planning Suzuki di Indonesia.

“Artinya komposisi Karimun tiga baris yang ada di India mungkin secara spesifikasi atau target marketnya belum tentu sesuai dengan yang ada di Indonesia,” ucap Harold kepada Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Namun soal kemungkinan masuk tidaknya Karimun tiga baris tadi masih belum bisa diberikan bocoran, mengingat masih menjadi pembahasan internal Suzuki. Lalu pertimbangan produk global Suzuki masuk ke Indonesia harus melihat dari positioning dan target marketnya.

Baca juga: Penyok Sana Sini, Ketahui Teknik Perbaikan Bodi Pada Mobil

“Jadi kalau ada produk Suzuki global yang belum masuk Indonesia pertimbangannya adalah positioning dan target marketnya apa bisa disesuaikan dengan kemauan orang Indonesia atau enggak,” kata Harold.

Sebagai informasi, jika dibanding para pesaingnya, bisa dikatakan kalau Karimun Wagon R paling sedikit terjual. Untuk kelas LCGC sendiri, pada bulan Januari 2021, penjualan paling banyak dipegang oleh Daihatsu Sigra sebanyak 2.500 unit.

Bisa dilihat kalau sebuah mobil dengan tiga baris kursi bisa lebih laku dibanding dua baris. Suzuki sendiri sebenarnya pernah terlihat sedang menguji coba mobil yang dimensinya mirip dengan Karimun Wagon R, namun sedikit lebih panjang. Mobil ini pun disebut sebagai Karimun Wagon R 7 penumpang. Menarik ditunggu perkembangannya apakah Karimun tiga baris akan resmi masuk ke Indonesia atau tidak.


Kembali ke atas