Ternyata Beli Mobil dengan DP 0 Persen Bisa, Lho!

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 15 March 2019

Ternyata Beli Mobil dengan DP 0 Persen Bisa, Lho!

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan peraturan yang membolehkan down payment (DP) untuk beli mobil dan motor sebesar 0 persen. Keputusan ini dibakukan dalam Peraturan OJK Nomor 35 / POJK.05/ 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

Kebijakan ini cukup kontroversial mengingat tujuan awalnya adalah untuk mendongkrak pertumbuhan pembiayaan industri. Tetapi dari pihak leasing, kebijakan ini bisa membantu bisa juga tidak, mengingat pengalaman yang menerapkan pembelian tanpa dp yang cenderung bermasalah.

Kebijakan ini boleh dan tidak diimplementasikan oleh pelaku pasar. Dengan kata lain tak ada sanksi bila tak diterapkan, tetapi membuka kesempatan bagi pelaku pasar untuk memanfaatkan kebijaksanaan tersebut.

Fasilitas DP 0 persen tidak berarti mendorong pembiayaan menjadi konsumtif, tetapi juga termasuk pembiayaan produktif, misalnya pembiayaan untuk kendaraan angkutan umum, kendaraan niaga pengangkut sayur, alat-alat traktor-traktor kecil di mesin pertanian.

Bagi yang ingin memanfaatkan beli mobil dengan DP 0 persen, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, perusahaan pembiayaan yang diperbolehkan OJK untuk fasilitas DP 0 persen harus punya rasio pembiayaan satu persen ke bawah, alias tak punya masalah.

Kedua, DP 0 persen berimbas pada cicilan bulanan dan tenor yang lebih lama sehingga Anda harus siap dengan beban tersebut. Keuntungannya, Anda bisa mudah mendapatkan mobil incaran tanpa masalah dengan DP.

Ketiga, DP 0 persen memungkinkan mobil tidak semata sebagai tuntutan gaya hidup, tetapi juga penunjang pekerjaan. Biaya yang meningkat pada cicilan harus disiasati saat penggunaannya.

Keempat, kenaikan cicilan dan tenor yang lebih lama merugikan konsumen. Akan ada kemungkinan besar naiknya bunga pada setiap tahun cicilan. Dan tren kendaraan yang bergerak cepat membuat mobil yang belum habis masa cicilan bisa ketinggalan zaman. Kecuali jika tidak difungsikan untuk hal demikian, alias dioperasikan untuk kebutuhan produktif lainnya. Maka carilah cicilan dengan bunga tetap.

Terakhir, sesuaikan kemampuan finansial Anda untuk mengambil kendaraan dengan DP 0 persen berdasarkan masalah di atas. Jangan sampai Anda terbebani cicilannya karena tanpa biaya DP di depannya. Karena DP bukan sekedar tanda jadi, tetapi upaya meringankan pembiayaan kedua belah pihak.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Photo: iStock

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas