Ternyata jika Sering Mengisi BBM Full Tank Berpengaruh terhadap Mesin Mobil

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id

16 Nov 2018

Tips Mobil | Mobil Bekas

Saat ini masih banyak pemilik mobil yang mengisi bahan bakarnya dengan penuh alias full tank, dengan alasan agar tidak bolak-balik ke SPBU. Padahal, terdapat efek negatif pada mesin mobil jika kebiasaan ini terus dibiarkan. Tak hanya itu, kesehatan Anda juga terkena risikonya. Kok bisa? Yuk cari tahu jawabannya.

Mesin mobil

Anjuran mematikan mesin saat mengisi BBM di SPBU punya alasan. Bensin yang sifatnya menguap, berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran. Utamanya ketika di bagian mesin terdapat masalah kelistrikan atau pengapian. Mengisi bensin full tank hingga luber akan lebih berisiko jika jarak lubang pengisian bensin dengan mesin berdekatan.

Boros

Selain membuat Anda mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk mengisi bahan bakar, mengisi dengan full tank akan membuat sebagian bahan bakar terbuang sia-sia. Setiap tangki bahan bakar pada mobil dilengkapi ruang udara yang berfungsi mengurangi tekanan. Saat ruang tersebut dipenuhi dengan bahan bakar, maka gas akan keluar dari tangki melalui selang. Sebaiknya, stop pengisian saat terdengar bunyi ‘plop’ pertama pada mesin SPBU, sehingga tetap ada ruang antara bahan bakar dan leher tangki.

Risiko kebakaran

Pengendara mobil terkadang suka mengabaikan sifat bahan bakar yang mudah tersulut api dan rentan memicu ledakan. Saat mengisi bahan bakar full tank, dikhawatirkan terdapat kebocoran melalui sela-sela atau lubang karena mengisi bahan bakar terlalu penuh. Terlebih jika seal tutup tangki sudah bermasalah. Luapan bahan bakar inilah yang dapat menjadi potensi bahaya yang cukup serius.

Mengancam kesehatan

Beberapa saat setelah pengisian bahan bakar, biasanya akan ada rebakan bau bahan bakar. Hal ini diakibatkan karena adanya proses penguapan karena tangki penampung bahan bakarnya overload. Bau ini membawa zat karsinogenik yang berakibat fatal jika dihirup dan juga menjadi faktor penyumbang polusi udara. Senyawa ini akan mengendap di dalam tubuh dan menganggu kinerja paru-paru.

Keamanan dan kenyamanan bersama tentu harus selalu Anda utamakan. Mulailah dengan meminta petugas SPBU untuk menghentikan pengisian saat terdengar bunyi ‘klek’ pertama pada nozzle. Karena jika diteruskan pengisian, justru akan berbahaya dan merugikan Anda.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

  • Tips & Trik
  • beli mobil murah
  • berita otomotif terbaru
  • Jual Beli Mobil Bekas Berkualitas
  • Tips Mobil
  • Tangki Bensin

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

MEDAN

2016
Otomatis

195 juta

MEDAN

2013
Manual

131 juta

DEPOK

2017
Manual

127 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More